Angket Century

Jubir Boediono Tolak Tudingan Jusuf Kalla

VIVAnews - Yopie Hidayat, Staf Khusus Wakil Presiden Boediono membantah pernyataan Jusuf Kalla yang mengungkapkan bahwa Boediono tidak sepakat dengan penangkapan Robert Tantular terkait perampokan Bank Century.

"Pak Boed dan BI tidak menentang tindakan hukum terhadap pelaku tindak pidana perbankan," ujar Yopie seusai peluncuran buku Widjojo Nitisastro di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis, 14 Januari 2010.

Di hadapan Pansus DPR, Kalla mengungkapkan bahwa dirinya yang memerintahkan Kapolri untuk menangkap Robert Tantular. Itu dilakukan sendiri karena Gubernur BI Boediono mengatakan tidak ada dasar hukum untuk menangkap Robert. "Saya ambil langkah sendiri. Perintahkan Kapolri untuk menangkap dalam dua jam. Saya terima kasih pada Kapolri karena dua jam sudah ditangkap."

Namun, Yopie tak sepakat dengan anggapan Kalla. Menurut dia, Boediono tidak meminta penangkapan Robert karena tidak proper dan prosedural. "Tidak mungkin BI langsung perintahkan menangkap, karena polisi perlu fakta dan data yang kuat." 

BI hanya memberikan surat perintah cekal yang dilayangkan kepada Menkeu pada 21 November 2008. Toh, pada akhirnya penangkapan Robert juga dilandasi oleh laporan BI. "Hasilnya seluruh tindakan penangkapan itu."

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024