Beri Kompensasi Kebocoran, Pertamina Anggarkan dari Dana Perusahaan

Ilustrasi Pengeboran Lepas Pantai Milik Pertamina Hulu Energi.
Sumber :
  • Instagram @phe.pertamina

VIVA – PT Pertamina memberikan dana kompensasi kepada warga yang terdampak kebocoran minyak di kawasan bibir pantai Kabupaten Karawang dan Bekasi. Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan H. Samsu menyampaikan uang itu diambil dari dana perusahaan.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

"Dana kompensasi ini diambil dari dana perusahaan. Itu memang sudah menjadi kewajiban kami," kata Dharmawan di kantor Pertamina, Medan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2019.

Dharmawan menjelaskan, di setiap perusahaan itu pasti ada yang namanya crisis and continuity plan. Sehingga hal-hal tak terduga seperti ini pasti akan ada respons penanganannya.

Dua KKKS Pertamina Hulu di Kalimantan Dapat Insentif dari Pemerintah

"Dan di setiap unit usaha punya unit-unit emergency respond seperti ini," ujar dia.

Mengenai besaran kompensasinya, dia hanya menyebut jangan sampai ada warga yang dirugikan dan jangan juga ada yang mengambil manfaat. Karenanya, Pertamina juga bekerja sama dengan pihak lain.

Produksi Migas PHE Capai 897 MBOEPD di 2021

"Jangan pula pihak yang ambil manfaat. Kita kerja sama dengan komite, ada bupati, lembaga perikanan daerah. Nah kita dengan mempunyai independen komite seperti itu, besaran kompensasi bisa seadil-adilnya, jangan sampai ada dirugikan," kata Dharmawan.

Akibat kebocoran tersebut, delapan wilayah bibir pantai menjadi terdampak. Di antaranya yaitu Tanjung Pakis, Segar Jaya, Tambak Sari, Tambak Sumur, Sedari, Cemara Jaya, Pusaka Jaya Utara, Mekar Pohaci, dan Sungai Buntu.

Industri hulu migas (ilustrasi)

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

IDSurvey sebagai Holding BUMN Jasa Survei turut serta dalam pameran Forum Kapasitas Nasional III 2023. Diharapkan bisa mendukung industri migas nasional.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023