Jangan Lupakan Ini Sebelum Beli Barang Pakai Kredit atau Cicilan

Ilustrasi cicilan.
Sumber :

VIVA – Membeli berbagai jenis kebutuhan saat ini tergolong sangat mudah. Baik dari transaksi maupun dalam proses pembeliannya. 

BNI Pastikan Transaksi Lancar di Momen Lebaran hingga Tebar Diskon Belanja

Dari kebutuhan yang harganya murah atau mahal seperti laptop, HP, TV, mobil, rumah dan lainnya bisa dilakukan secara kredit dengan membayar cicilan yang dilakukan secara teratur setiap bulannya. 

Hal ini membawa angin segar, karena ketika melakukan pembelian secara kredit cicilan, tidak membutuhkan banyak uang. Tapi hanya perlu menyiapkan uang muka dan uang cicilan tiap bulannya. Atau sekarang ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan cicilan tanpa DP (Down Payment).

Nikmati Beragam Kemudahan Transaksi QRIS Dengan Sumber Dana Kartu Kredit BRI Lewat Aplikasi BRImo

Ingat, dalam pembelian kredit cicilan, terdapat bunga yang secara otomatis akan dikenakan pada para pembeli. Artinya, jika dikalkulasikan sebenarnya pembelian secara kredit lebih mahal karena pembayaran tidak hanya terbatas pada pokok kredit saja, namun beserta besaran bunga yang telah dibebankan. Dan, bunga akan dibebankan selama periode cicilan dengan besaran yang sama. 

Oleh karena itu, jangan langsung terlena ketika ada tawaran melakukan pembelian barang secara kredit. Perlu dilakukan riset singkat untuk beberapa hal guna menghindari kejadian yang tak diinginkan. 

Manjakan Nasabah Jelang Imlek, Bank Mandiri Tebar Promo dan Diskon

Jadi, jika ingin beli barang secara kredit dan cicilan, jangan lupa hal berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com, Kamis 15 Agustus 2019:

1. Besar bunga yang dikenakan dalam cicilan

Saat beli barang apa pun yang bersifat kredit, sangat penting untuk memerhatikan besar bunga cicilan yang dibebankan setiap bulannya. Karena hal inilah yang sebenarnya menyebabkan harga kalkulasi antara barang yang dibeli secara kontan dan kredit memiliki harga berbeda.

Maka dari itu, sebelum membeli secara kredit ada baiknya untuk melakukan riset terkait besaran bunga yang dibebankan. Karena ketika pembelian kredit dikenakan bunga yang terbilang besar, ada baiknya untuk menunda pembelian atau melakukan pembelian barang yang memiliki fungsi sama dari merek lain. 

Selain itu, memastikan bahwa bunga cicilan kecil akan membawa manfaat tersendiri. Sebab dengan bunga cicilan yang kecil, maka tagihan yang masuk tiap bulannya juga akan kecil, karena tambahan beban bunga yang ternilai tidak begitu besar. 

2. Perhatikan iming-iming pembayaran bulanan dengan nominal kecil

Percayakah bahwa pembelian kredit dengan pembayaran cicilan tiap bulan adalah salah satu trik penjualan? Dengan menawarkan cicilan bulanan, akan menggambarkan berapa besaran yang harus dibayarkan.

Tentunya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan pembayaran secara kontan. Dan inilah yang menjadi poin senjata marketing. Apalagi, biasanya tawaran kredit akan menawarkan cicilan yang sesuai dengan tingkat pendapatan pembeli. Maka, pembeli akan selalu merasa mampu untuk membeli apa pun yang dilakukan secara kredit. 

Padahal, jika benar-benar dihitung, pembelian secara kredit menghasilkan nominal harga yang lebih mahal. Maka dari itu, solusi lain untuk membeli barang yang diinginkan adalah dengan cara menabung. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya