Menanti Pengumuman Ibu Kota Baru RI di Sidang Tahunan MPR/DPR

Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat
Sumber :
  • Agus Suparto

VIVA – Presiden Joko Widodo akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangkaian acara Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD RI-DPR RI, Jumat 16 Agustus 2019. Acara tersebut digelar di ruang sidang paripurna Gedung Nusantara.

Pengendara Motor di Indonesia Hari Ini Diminta Waspada

Rencananya, Jokowi akan mengumumkan lokasi yang akan menjadi Ibu Kota baru Indonesia. Namun, dia memberikan pernyataan sebelumnya bahwa itu akan disampaikan jika seluruh aspek dinyatakan siap oleh Bappenas.

Pantauan VIVAnews di lokasi, sejumlah undangan telah hadir dan mulai meramaikan lokasi acara. Berdasarkan agenda yang diterima, Pimpinan MPR RI, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta Ketua Lembaga Negara akan memasuki ruangan rapat paripurna pada pukul 8.25 WIB. 

Tok! DPR Sahkan RUU DKJ Jadi Undang-undang, Jakarta Tak Lagi Berstatus DKI

Acara kemudian akan dimulai dengan lagu kebangsaan, mengheningkan cipta dan pembukaan sidang tahunan MPR RI oleh pimpinan MPR RI serta pidato Presiden di sidang tahunan MPR RI. Setelah dijadwalkan selesai pukul 9.45 WIB acara akan diskors selama 15 menit.

Dijadwalkan pada pukul 10.00 baru dimulai kembali acara sidang bersama DPD dan DPR RI yang akan diisi dengan pidato kenegaraan. Pembukaan sidang pun akan dilakukan oleh Ketua DPD RI. 

INFOGRAFIK: Jakarta Bukan Ibu Kota Lagi, DPR Siapkan RUU DKJ

Jokowi kemudian dijadwalkan memberikan pidato kenegaraan selama 40 menit yaitu sejak pukul 10.38 WIB sampai dengan pukul 11.18 WIB. Akankah dalam kesempatan tersebut Jokowi akan mengumumkan lokasi Ibu Kota baru? 

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebelumnya membenarkan akan ada pengumuman Ibu Kota baru RI tersebut pada 16 Agustus 2019. Sejauh ini wilayah Kalimantan adalah yang paling sering disebut akan menjadi Ibu Kota baru RI.

"Ya, mudah-mudahan (diumumkan pada 16 Agustus)," kata Moeldoko ditemui di sela acara diskusi di kantor Bappenas, Jakarta, Rabu 14 Agustus 2019. 

Akan tetapi, mantan Panglima TNI itu mengaku belum tahu pasti soal waktu pengumuman apakah akan dimasukkan dalam pidato kenegaraan. Yang jelas, kata dia, selama ini Presiden Jokowi sudah menginstruksikan para Menteri untuk menganalisa lebih dalam lagi.

Ibu Kota Negara RI pengganti DKI Jakarta, sudah dipastikan akan dipindah ke Kalimantan. Ada tiga provinsi yang menjadi calon, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. 

Setidaknya Jokowi sudah meninjau langsung beberapa lokasi yang disiapkan. Seperti di Bukit Soeharto yang berada di Kalimantan Timur. Maupun di segitiga emas yang disiapkan di Provinsi Kalimantan Tengah. Yakni yang berada di antara Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya