Cara Kemenhub Genjot Penerimaan Negara Bukan Pajak, Pakai e-SRUT

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau Terminal Pulogebang
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melaksanakan MoU sekaligus melaunching Elektronik Sertifikat Registrasi Uji Tipe (e-SRUT) dan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-e). 

Bandara Internasional RI Dipangkas Jadi 17, InJourney Airports Sambut Positif

Dalam penerapan dua hal ini, Kemenhub bekerjasama dengan kepolisian, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Pertamina dan unsur lainnya untuk mempercepat e-SRUT menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak. 

"Penerapan e-SRUT, kerjasama kami nanti dengan kepolisian juga termasuk  Gaikindo mempercepat E-SRUT menjadi PNBP yang cukup besar. Target PNBP-nya Rp800 miliar sampai 2019 Rp1 triliun," kata Budi di Kantornya, Jakarta Pusat, Jumat 23 Agustus 2019.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Budi berjanji, Kemenhub komitmen untuk terbuka masalah e-SRUT. Kerjasama dengan polisi disebut langkah yang baik. "Nanti e-SRUT dengan kendaraan baru menjadi satu paket. Tahap I sampai sekarang untuk semua SRUT sepeda motor sudah e-SRUT, mobil nanti Oktober," ungkapnya.

Adapun terkait BLU-e, hal ini dinilai sebagai bentuk tanggung jawab untuk melaksanakan peningkatan pelayanan. Ia menjabarkan, hingga saat ini baru melaksanakan sistem BLU-e 38 dinas perhubungan di tujuh kabupaten kota. Akhir Desember ia memperkirakan sudah sekitar 200 dinas perhubungan kabupaten kota yang akan menerapkannya. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Nantinya di setiap terminal tipe A sesuai kebijakan Pertamina akan menempatkan SPBU, khususnya untuk kepentingan kendaraan bus. Lalu dengan Alfamart tahun 2020 kami akan modernisasi 20 tipe A. Semua terminal tipe A Alfamart akan mengisi ruang. Sekarang 2019 sudah Rp15 miliar PNBP dari sewa ruangan terminal tipe A. Tambah terus nanti sejalan dengan perbaikan," kata dia.
 

Menko PMK Muhadjir Effendy laksanakan salat Id di Kantor PP Muhammadiyah.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan target pembangunan dari perpanjangan runway Bandara Distrik Sinak, Papua s

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024