Kilang Minyak Saudi Aramco Meledak, Pemberontak Houthi Unjuk Gigi

Dua fasilitas kilang minyak Saudi Aramco di Abqaiq dan Khurais diserang drone.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dua fasilitas kilang minyak Saudi Aramco di Abqaiq dan Khurais diserang pesawat nirawak, pada Sabtu 14 September 2019 pagi. Api kebakaran sudah dikendalikan dan otoritas setempat sedang menyelidiki asal drone tersebut.  

Tim Milik Valentino Rossi Resmi Disponsori Perusahaan Arab Saudi

Juru bicara menteri dalam negeri bahwa ledakan di fasilitas Abqaiq dan Khurais sudah dapat dikendalikan. Dia tidak menyebutkan apakah ada korban jiwa dalam ledakan tersebut.

Sumber yang dikutip dari Wall Street Journal, menyebutkan serangan tersebut telah mengurangi produksi minyak hingga lima juta barel per hari, hampir setengah dari produksi nasional Kerajaan Arab Saudi.

Pertamina Tekor, Arcandra: Hampir Semua Perusahaan Migas Merugi

Seorang juru bicara dari kelompok pemberontak Houthi di Yaman mengklaim serangan tersebut. Dia mengatakan pihaknya telah mengerahkan 10 pesawat nirawak dalam serangan itu. 

Juru bicara pemberontak Houthi, Yahya Sarea, mengatakan kepada al-Masirah TV, akan memperluas area serangan di Arab Saudi. Serangan tersebut merupakan serangan terbesar pasukan Houthi.

Dahlan Iskan Bicara Taktik Pertamina Bangun Kilang Rp450 Triliun

"Serangan-serangan ini adalah hak kami, dan kami memperingatkan Saudi, bahwa target kami akan terus meluas," kata Yahya, seperti dilansir dari Aljazeera. 

"Kami memiliki hak untuk menyerang balik sebagai balasan atas serangan udara dan penargetan warga sipil kami selama lima tahun terakhir."
 

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi.

'Saya Cuma Bos', Kata Valentino Rossi saat Ditanya soal VR46

Valentino Rossi bicara banyak mengenai proyek VR46 yang baru saja menjalin kerja sama dengan perusahaan milik Pangeran Arab Saudi.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2021