Perdana, Bandara Ahmad Yani Semarang Buka Rute ke Jeddah Arab Saudi

Pesawat maskapai Citilink di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Pihak bandara membuka layanan penerbangan rute Semarang-Jeddah.
Sumber :
  • VIVAnews / Dwi Royanto

VIVA – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, resmi membuka rute penerbangan tujuan Semarang-Jeddah guna meningkatkan pelayanan terhadap tingginya jamaah Umroh, . Penerbangan rute perdana ini dilakoni maskapai Citilink Indonesia.

Bandara Ahmad Yani Semarang Sudah Terapkan Aturan Baru Tanpa Swab

Pesawat perdana rute Semarang-Jeddah ini adalah Airbus A320 Neo dengan membawa 174 penumpang yang berangkat Senin, 23 September 2019 pukul 07.45 WIB.  Penerbangan ini tidak langsung menuju Jeddah, harus transit terlebih dahulu di India untuk mengisi bahan bakar. Namun penumpang tidak bisa turun dan tetap berada di dalam pesawat selama transit.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto, mengungkapkan charter flight untuk penerbangan umroh ini merupakan langkah awal pihaknya untuk menambah rute internasional Semarang - Jeddah.

PPKM Darurat, Penumpang Pesawat di Bandara Ahmad Yani Turun 89,5%

"Tentu tujuannya untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Jawa Tengah dalam melaksanakan Ibadah umroh, sehingga tidak perlu ke Jakarta terlebih dahulu jika ingin berangkat umroh,” ujar Hardi.

Ia berharap, dengan adanya rute penerbangan umroh langsung Semarang - Jeddah ini, para pengguna jasa dapat menikmati penerbangan dengan mudah dan dengan waktu tempuh yang lebih cepat, efektif dan efisien. Harapan ke depannya, rute penerbangan umroh ini dapat berjalan secara berkelanjutan dan selain itu bertambahnya rute-rute internasional lainnya guna menggali sumber pendapatan dari para wisatawan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah.

Bandara Ahmad Yani Semarang Gelar Sentra Vaksinasi COVID-19

"Kami sebagai pengelola bandara akan terus mendukung dan memberikan  kualitas pelayanan terbaik untuk kepuasan para pengguna jasa bandara, khususnya di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang," jelas dia.

Hardi menambahkan, penerbangan perdana ini merupakan charter flight periode 23 sampai 29 September 2019 dengan rencana jadwal penerbangan yakni keberangkatan nomor penerbangan QG 530 pada hari Senin dan Sabtu pukul 07.45 WIB. Lalu kedatangan, dengan nomor penerbangan QG 531 pada hari Selasa dan Minggu pukul 10.40 WIB.

Dari total 174 orang penumpang yang berangkat pada peluncuran rute perdana ke Mekah ini berasal dari lima travel umroh, di antaranya adalah Mas Tour, Permata Umat Tour, Bumi Nata Wisata Tour, Azka Mubarak Tour dan Buroq Tour.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya