Logo BBC

Greta Thunberg Marah ke Pemimpin Dunia, Curi impian dan Masa Kecilnya

Greta Thunberg: Kalian telah mencuri impian dan masa kecil saya dengan kata-kata kosong kalian."-Getty Images"
Greta Thunberg: Kalian telah mencuri impian dan masa kecil saya dengan kata-kata kosong kalian."-Getty Images"
Sumber :
  • bbc

Aktivis lingkungan Greta Thunberg menyampaikan pidato yang emosional di hadapan para pemimpin dunia di KTT Perubahan Iklim PBB. Aktivis muda asal Swedia itu menuduh para pemimpin dunia gagal bertindak dalam mengatasi perubahan iklim.

"Kalian telah mencuri impian dan masa kecil saya dengan kata-kata kosong kalian," ujarnya. Sekitar 60 pemimpin negara ikut serta dalam pertemuan satu hari yang diselenggarakan oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Guterres sebelumnya mengatakan negara-negara hanya boleh berbicara di KTT jika mereka datang dengan rencana aksi untuk mengurangi emisi karbon. Presiden AS Donald Trump, yang skeptis terhadap perubahan iklim, tidak diharapkan bakal hadir dalam pertemuan tersebut – tapi ia sempat terlihat di antara para hadirin.

Brasil dan Arab Saudi termasuk dalam negara-negara yang tidak ikut serta.

Apa yang diungkapkan Greta Thunberg?

Dalam sebuah pidato yang emosional, dia berkata: "Ini salah. Saya seharusnya tidak berada di sini. Saya seharusnya kembali ke sekolah di seberang lautan, tapi kalian semua menggantungkan harapan kepada kami anak muda. Beraninya kalian?

"Kalian telah mencuri mimpi saya dan masa kecil saya dengan kata-kata kosong kalian," kata gadis berusia 16 tahun itu.