Dalam Sepekan, 4 Pemimpin Negara di Dunia Mengundurkan Diri

Para aktivis iklim berpakaian seperti para pemimpin dunia ketika berpartisipasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS

VIVA Dunia – Pada pekan lalu, empat pemimpin negara di dunia telah mengundurkan diri dari jabatan mereka masing-masing.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Pertama adalah Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar mengatakan dia akan mengundurkan diri sebagai pemimpin partai pemerintahan Fine Gael.

Kedua adalah Presiden Vietnam Vo Van Thuong dari Partai Komunis mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin negara pada hari Kamis lalu, setelah hanya satu tahun menjabat. 

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Ketiga adalah Pejabat Kepresidenan Korea Selatan telah mengundurkan diri dari jabatannya, menyusul kritik atas komentarnya mengenai serangan pisau terhadap seorang jurnalis pada tahun 1988, yang oleh beberapa media dan anggota parlemen dianggap sebagai ancaman terhadap jurnalis yang kritis terhadap pemerintah.

Terakhir adalah Kepala Staf Tentara Israel atau IDF, Letjen. Herzi Halevi mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya antara bulan September dan Desember. Hingga saat itu, ia tengah diselidiki perihal perang antara Hamas-Israel pada 7 Oktober lalu.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Berikut lebih lengkapnya: 

Perdana Menteri Irlandia

Perdana Menteri Irlandia,  Leo Varadkar.

Photo :
  • X/@LeoVaradkar.

Dalam pengumuman mengejutkan pada hari Rabu pekan lalu Perdana Menteri Leo Varadkar mengatakan dia juga akan melepaskan perannya sebagai perdana menteri segera setelah penggantinya dipilih. 

"Saya mengundurkan diri dari jabatan presiden dan kepemimpinan Fine Gael dan akan mengundurkan diri sebagai taoiseach (perdana menteri) segera setelah pengganti saya dapat menduduki jabatan itu,” kata Varadkar. 

Seperti diketahui, Varadkar telah dua kali menjabat sebagai perdana menteri Irlandia, antara tahun 2017 dan 2020, dan sekali lagi sejak Desember 2022 sebagai bagian dari pembagian pekerjaan dengan Micheal Martin, kepala mitra koalisi Fianna Fail. 

Ketika pertama kali terpilih sebagai perdana menteri, Varadkar adalah orang termuda yang memegang jabatan tersebut, dan perdana menteri gay pertama di Irlandia, sebuah negara yang dulunya menganut agama Katolik.

Varadkar, yang ibunya orang Irlandia dan ayahnya orang India, juga merupakan perdana menteri biracial pertama di Irlandia. Dia memainkan peran utama dalam kampanye untuk melegalkan pernikahan sesama jenis, yang disetujui dalam referendum tahun 2015, dan untuk mencabut larangan aborsi, yang disahkan melalui pemungutan suara pada tahun 2018. 

Presiden Vietnam

Presiden Vietnam Vo Van Thuong

Photo :
  • CNN International

Presiden Vietnam Vo Van Thuong telah mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin negara, setelah hanya satu tahun menjabat. Setelah pertemuan Partai Komunis yang berkuasa, pemerintah mengatakan ia telah melanggar peraturan partai dan berdampak negatif terhadap reputasinya. 

Di negara yang terkenal dengan stabilitas politiknya dan ditegakkan secara ketat oleh partai, ini adalah kedua kalinya seorang presiden dipaksa mengundurkan diri hanya dalam waktu satu tahun, melansir BBC. 

Vo Van Thuong, pada usia 53 tahun, adalah orang termuda yang pernah memegang jabatan sebagai presiden Vietnam. 

Dengan pengunduran dirinya, yang dikonfirmasi pada hari Kamis oleh Majelis Nasional, ia juga merupakan presiden dengan masa jabatan terpendek dalam sejarah. 

Penjelasan yang diberikan pemerintah tidak banyak mengungkap alasannya. Pernyataan tersebut hanya menyatakan bahwa Presiden Thuong "melanggar peraturan partai, dan bahwa dia memiliki kekurangan yang mempengaruhi opini publik dan reputasi partai, negara, dan dirinya sendiri".

Namun, ia diduga mengundurkan diri karena tuduhan penipuan dan penyuapan terhadap pejabat dan bisnis properti di provinsi Quang Ngai, tempat ia pernah menjadi ketua partai setempat. 

Pejabat Presiden Korea Selatan

Bendera Korea Selatan.

Photo :
  • Pixabay.

Pejabat Kepresidenan Korea Selatan, Hwang Sang-moo telah mengundurkan diri dari jabatannya, menyusul kritik atas komentarnya mengenai serangan pisau terhadap seorang jurnalis pada tahun 1988, yang oleh beberapa media dan anggota parlemen dianggap sebagai ancaman terhadap jurnalis yang kritis terhadap pemerintah. 

Hal ini merupakan hal yang memalukan bagi pemerintahan Presiden Yoon Suk-yeol, yang dipimpin oleh Partai Kekuatan Rakyat (People Power Party) yang berjuang untuk memenangkan mayoritas dalam pemilihan Parlemen pada 10 April mendatang, setelah partai tersebut memilih seorang utusan untuk Australia yang terjerat dalam penyelidikan korupsi. 

Yoon telah menerima pengunduran diri Hwang Sang-moo, sekretaris senior urusan sosial, kata kantor Presiden dalam pernyataan singkat pada tanggal 20 Maret, tanpa memberikan alasan pengunduran dirinya. 

Kepala Militer Israel

VIVA Militer: Letnan Jenderal (Rav Aluf) Herzi Halevi

Photo :
  • globes.co.il

Kepala Staf Tentara Israel atau IDF, Letjen. Herzi Halevi mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya antara bulan September dan Desember. Hingga saat itu, ia tengah diselidiki perihal perang antara Hamas-Israel.

Menurut laporan, ia juga bermaksud memimpin gelombang pengunduran diri besar-besaran oleh para pejabat tinggi yang menjadi bagian dari kegagalan keamanan yang terjadi pada tanggal 7 Oktober silam. 

Selain itu, para pejabat memperkirakan bahwa perwira tinggi lainnya akan menyelesaikan tugas mereka sebagaimana mestinya dan juga akan mengundurkan diri tanpa menunggu pemecatan. 

Mereka juga mengklarifikasi bahwa Menteri Pertahanan Yoav Gallant sepenuhnya mendukung Kepala Staf Halevi, percaya pada profesionalismenya, dan yakin bahwa dia akan memimpin IDF untuk mencapai tujuan perangnya. Halevi bersikeras berkali-kali dan berhasil menunda penyelidikan internal setidaknya selama lima bulan, dan baru menyetujuinya dalam dua minggu terakhir.

Awal pekan ini, Halevi berkata, "Saya bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada 7 Oktober. Saya bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi sejak saat itu dan apa yang akan terjadi. IDF saat ini sedang berperang, dan saat ini, adalah benar untuk hanya fokus pada perang." tujuan perang ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya