Tersedia 20 Bus, Jalan-jalan Blok M-Puncak Segini Tarifnya

BPTJ luncurkan Bus Rute Pasaraya Blok-M ke Taman Safari Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhammad AR

VIVA – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ mengadakan jalur transportasi massal bagi warga Jakarta yang ingin berwisata ke Puncak Bogor. Biaya angkutan ini termasuk transportasi tiket dan snack selama perjalanan pergi pulang. 

Tukang Ojek dan Supir Angkut Umum Dianiaya Orang Tak Dikenal di Paniai Papua Tengah

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, bus angkutan umum ini akan menempuh rute Pasaraya Blok M, Jakarta, menuju Taman Safari Indonesia dan Puncak Bogor.

"Nah hari ini hadir dengan sarananya adalah bus. Kita bekerja sama dengan Perusahaan Otobus yang ada supaya orang terbiasa dengan angkutan umum. Selama ini kan dominannya kendaraan pribadi, keBogor orang kalau kalau ke puncak, ke Taman Safari susah," kata Bambang dalam uji coba di Cisarua Bogor, Jawa Barat, Sabtu 28 September 2019.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

Karena itu, kata Bambang, BPTJ sedang menggalakkan angkutan umum bukan hanya di Taman Safari melainkan di daerah daerah pariwisata lainnya. Saat ini baru terdaftar PO Bus Bigbird.

"Nanti akan hadir PO lainnya seperti Lorena, Sinar Jaya, Hiba Utama, Agramas, mereka sudah komit juga membuat program baru untuk tujuan puncak. Kami meminta PO masing_masing menentukan rutennya dan objeknya, setelah sepakat BPTJ akan memberi izin trayek ke puncak. Hari ini bluebird tujuannya dari Blok M menuju Taman Safari Indonesia Puncak," kata Bambang. 

Naik Drastis! Ada 1,2 juta Orang Naik Angkutan Umum di Hari Terakhir Libur Lebaran

Untuk tarif sendiri, pihak BPTJ tengah mengatur strategi bersama traveloka. Nantinya, dengan sekali bayar bus sudah termasuk pergi pulang berkunjung ke Taman Safari.

"Jadi orang tidak pusing cost, ini yang mau kita bangun sehingga nanti tempat tujuan lain akan dibangkitkan lagi. Blok M selama ini sudah terlupakan, dulu Blok M tempat nostalgia, setelah bertemu teman jalan-jalan ke Puncak, makan jagung bakar. Sekarang tidak pernah lagi, orang pasti macet males, nah wisata ini kita kembalikan ke suasananya, sehingga tujuan wisata meningkat, dengan begitu usaha akan hidup, orang dengan mudah mencapai daerah wisata," katanya.

Direktur Bluebird, Sigit Djokosoetono, mengatakan jalur Bigbird sendiri sudah memiliki jalur yang dirintis yakni Puncak, Sentul Bogor, Bandung, Garut, hingga jalur Yogyakarta. "Semua bisa dipesan costum permintaan costumer," kata Djoko. 

Jalur puncak ini ditempatkan di terminal Blok M, atau Bekasi menuju puncak dengan tarif Rp400 ribu termasuk biaya transportasi, tiket masuk TSI dan biaya snack dalam bus. Selain Taman Safari juga tempat wisata lainnya, seperti Cimory, dan setelah itu wisata oleh-oleh sebelum kembali ke Jakarta

Untuk reservasi bigbird, bisa melalui whatsapp 08117980808. Saat ini tersedia sekitar 20 bus yang sudah disiapkan untuk beberapa destinasi perjalanan ke Puncak Bogor. "Tarif weekend dan hari biasa sama saja Rp400 ribu," kata Djoko.

Di tempat yang sama, Dirut Taman Safari Indonesia, Jansen Manangsang, menilai transportasi umum ke wilayah pPuncak menjadi terobosan.

"Saya kira sangat luar biasa ya. Bahkan kalau ini terjadi angkutan transportasi dengan objek lebih dekat lagi, dan online semuanya untuk mencapai ke sini, enak sekali. Tidak perlu antre beli karcis semuannya tinggal dari satu destinasi ke destinasi wisata lain," katanya.

Penerapan angkutan massa ini juga, lanjut Jansen, akan menjadi pilot project lokasi wisata lainnya.

"Soal tiket turun harga ini kita melihat ke depannya transportasi tidak macet itu juga mendukung kami memiliki program tidak macet ke Puncak ini," kata Jansen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya