Kesan Menteri Susi Kerja Lima Tahun di Kabinet Jokowi-JK

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Susi Pudjiastuti menyampaikan kesannya selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di era Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Dia mengakui begitu banyak kesan yang telah dia alami selama lima tahun jadi pembantu Presiden.

Disebut Menteri Terbaik Hasil Lembaga Survei, Prabowo: Itu Jadi Beban

"Terlalu banyak buat diomong. Luar biasa," ujar Susi ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019.
 
Susi pun menilai bahwa Jokowi dan Jusuf Kalla adalah adalah sosok pribadi yang sama-sama luar biasa. Menurut Susi, pengalamannya jadi menteri adalah pertama kalinya dia bekerja untuk orang. Selama ini, Susi diketahui merupakan seorang pengusaha.

"Saya pikir beliau-beliau pribadi yang luar biasa, saya kan seumur hidup tidak pernah kerja buat orang, baru kali ini, ya saya pikir senang luar biasa," kesannya. 

Dibanding Susi, Nelayan Lobster Lebih Dukung Kebijakan Edhy Prabowo

Saat dimintai tanggapan apakah dia bersedia lagi menjadi Menteri, Susi hanya tertawa. Namun, dia menegaskan bahwa dirinya mencoba jadi membantu Pemerintahan Jokowi-JK semampunya dalam membangun negara.

"Namanya kita mencoba membantu beliau-beliau dalam membangun negara ini ya kita usahakan semampunya. Was a great time," tuturnya.

Setelah Jokowi Marah Besar

Soal harapan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan yang akan menjadi penggantinya ke depan, Susi hanya berharap dia adalah sosok yang lebih baik. Menurutnya, ada tiga poin yang perlu diteruskan oleh penggantinya. "Ya jaga kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan," harap Susi. 

Seperti diketahui, Joko Widodo akan dilantik sebagai Presiden untuk periode keduanya pada 20 Oktober 2019. Jokowi akan kembali menyusun menteri kabinet kerja jilid II. 

Menteri yang ditunjuk Jokowi nanti, berdasarkan pertimbangan atau masukan dari partai politik 45 persen dan 55 persen dari pilihannya sendiri atau profesional. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya