Dapat PMN Rp2,5 Triliun, SMF Naikkan Target Pembiayaan FLPP 2020

Aktivitas pembangunan perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – PT Sarana Multigriya Finansial atau SMF mendapatkan tambahan modal sebesar Rp2,5 triliun dari Penyertaan Modal Negara atau PMN untuk tahun anggaran 2020. Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR.

BCA Jor-joran Kasih Bunga KPR dan KKB hingga 2,65 Persen

Direktur Utama PT SMF, Ananta Wiyogo mengatakan, rumah-rumah tersebut akan dibiayai melalui program KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP dengan porsi 25 persen, naik dari yang biasanya 10 persen. Target FLPP jadi meningkat di banding target pada 2019 yang sebanyak 68 ribu unit, yakni menjadi 102.000 unit.

"Jumlah rumahnya lebih banyak lagi, kurang lebih dengan PMN itu biasanya lebih banyak, 15 sampai 20 persen. Karena itu FLPP 2020 targetnya 102.000 unit," kata dia saat ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Jumat, 4 Oktober 2019.

Ekspansi Bisnis di Parepare, BTN Targetkan Salurkan KPR Baru Rp48 M

Dia merincikan, dari total PMN tersebut, sebesar Rp1,75 triliun diperuntukkan untuk program FLPP, Rp250 miliar untuk bangun rumah di lokasi terkena bencana, dan Rp500 miliar untuk pembiayaan rumah aparatus sipil negara serta TNI maupun Polri.

"Jadi sejak berdiri pada 2005, SMF memang fokus MBR dan tidak ada yang high end. Kita hanya demand side, kita tidak masuk developed,  hanya rakyat yang ingin punya rumah tapi enggak bisa salurin langsung tapi melalui bank," tegas dia.

BTN Targetkan Kredit pada 2022 Tumbuh hingga 11 Persen

Dia menuturkan, sejak 2005 hingga saat ini, PT SMF sudah menyalurkan pembiayaan kepada 845 ribu debitur dari Aceh sampai Papua. Adapun total nilai penyaluran terhadap MBR mencapai Rp55 triliun, Rp10 triliun berupa sekuritisasi dan sisanya berupa pembiayaan penyaluran pinjaman.

"Kami sangat-sangat fokus di SMF hanya pembiayaan perumahan tok. Kita target market juga jelas, MBR, enggak ada yang ke atas. Selama ini kami tuh bukti pembiayan outstanding Rp14 triliun pembiayaan dan sampai saat ini NPL (Non Performing Loan) nya nol," tutur Ananta.

PropertyGuru.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

PropertyGuru merupakan perusahaan property technologi yang diketahui induk dari situs pencarian Rumah.com.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2022