Ini Lho Pentingnya KPR Buat Milenial

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Ada banyak alasan kenapa generasi milenial ogah punya rumah di usia muda. Padahal di lain
sisi, rumah itu sangat penting untuk kelanjutan hidup di masa mendatang.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Selain dijadikan sebagai hunian, rumah juga menjadi salah satu investasi berharga yang harganya akan melambung tinggi seiring dengan berjalannya waktu. Memiliki rumah di usia muda bukan lagi suatu ketidakmungkinan, apalagi zaman sekarang.

Generasi milenial kini dapat memanfaatkan fasilitas rumah KPR yang disediakan pemerintah dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, generasi milenial sebbaiknya jangan asal memegang slogan hidup YOLO (you only llive once) saja.

Kembangkan Kawasan Hijau, Lippo Cikarang Sudah Tanam 95.427 Pohon

Apakah KPR Itu Penting?

Tentu saja jawabannya kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing orang. Bagi sebagian orang, KPR bukan hal yang perlu dipusingkan.

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Tetapi bagi sebagian sisanya, KPR itu sangat penting karena membantu setiap generasi untuk membeli rumah meski dengan bujet pas-pasan. Seperti yang diketahui, harga rumah KPR cenderung lebih murah daripada rumah yang dijual oleh developer.

Wajar saja karena KPR biasa ditujukan kepada pegawai, karyawan, atau orang-orang yang kurang mampu dari segi ekonomi. Sehingga setiap orang bisa memenuhi kebutuhan papan. Selain murah, tenor pembayaran rumah KPR juga lumayan lama. Jangka waktu pembayaran cicilan bisa mencapai 15 tahun.

Jadi generasi milenial tidak perlu takut dengan besarnya cicilan yang harus dibayar setiap bulan. Sebab semakin lama tenor pembayaran yang dipilih, maka semakin ringan biaya yang dibayar setiap bulan.

Jadi, jangan asal bangga dengan YOLO, prinsip yang ngetren di kalangan muda saja, tapi juga harus memikirkan soal KPR juga. Berikut pentingnya KPR buat milenial seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Hunian Nyaman dengan Harga Murah itu Masih Banyak

Meski harganya murah, tetapi rumah KPR cukup nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Tata letak dan pembagian ruangannya sama dengan rumah biasa yang harganya bisa mencapai miliaran.

Hanya saja, ukuran bangunannya cenderung lebih kecil mengingat rumah KPR ini sendiri adalah rumah subsidi pemerintah. Agar semakin nyaman, Anda bisa mengubah tata letak rumah dan menambah dekorasi di dalamnya.

Jadikan rumah sebagai tempat peristirahatan ternyaman, sehingga Anda betah tinggal di dalamnya. Dengan demikian, persentase keinginan untuk pindah rumah dalam waktu dekat pun sangat kecil.

2. Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

Masih muda tapi sudah punya rumah, kurang enak apalagi coba? Ketika sudah punya satu rumah, Anda tidak perlu memikirkan masalah rumah di masa mendatang.

Sehingga hidupmu bisa fokus untuk mengurusi hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk masa depan nanti. Rumah bisa dijadikan sebagai aset untuk investasi jangka panjang mengingat harga jualnya cenderung naik setiap tahun.

Dalam 10-15 tahun ke depan, harganya bisa saja melonjak hingga tiga kali lipat. Selain sebagai investasi, rumah juga merupakan salah satu warisan yang nantinya bisa diberikan kepada anak ataupun cucu.

3. Bisa Memaksimalkan Penghematan

Anda tidak bisa boros-boros lagi saat sudah mempunyai rumah. Sebab cicilan rumah KPR harus dibayarkan setiap bulan. Jika tidak dibayar, maka cicilan di bulan berikutnya akan menjadi lebih banyak.

Belum lagi Anda harus menanggung beban bunga yang cukup menguras isi dompet. Mau tidak mau, harus bisa berhemat agar cicilan rumah KPR bisa dibayar secara tertib dari awal sampai akhir.

Apalagi kalau pemasukan setiap bulan juga pas-pasan, jadi harus pintar-pintar mengatur keuangan. Alokasikan pemasukan setiap bulan secara teliti dan bijak.

Pisahkan pos pengeluaran rutin dan pengeluaran untuk membayar cicilan rumah KPR. Dengan demikian, kemungkinan terlambat membayar cicilan dapat diminalisir.

4. Tetap Bisa Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi rumah KPR tidak selalu di wilayah pedalaman. Kadang kala, lokasinya bisa di wilayah perkotaan yang cukup strategis. Untuk mendapatkan lokasi strategis, Anda harus cepat-cepat mengajukan KPR kepada pemerintah. Jika tidak, rumah incaran bisa diambil oleh orang lain.

Agar tidak ketinggalan informasi, seringlah luangkan waktu untuk mencari informasi dari berbagai sumber. Baik yang bersumber dari media cetak maupun media elektronik.

Pemilihan lokasi perlu dipertimbangkan karena akan berdampak pada fleksibilitas Anda sehari-hari. Jika lokasi sulit dijangkau, Anda akan kesulitan sendiri untuk mencari kebutuhan sehari-hari.

5. Sangat Mudah Mengajukan Pinjaman

Ingin mengajukan pinjaman kepada bank? Jangan khawatir! Jika sudah punya rumah KPR, maka pinjaman akan semakin mudah diajukan bahkan dicairkan oleh pihak bank.

Sebab Anda sudah punya aset yang bisa dijadikan jaminan kalau sewaktu-waktu pembayaran cicilan gagal total. Jumlah pinjaman yang dapat disetujui oleh pihak bank tergantung dari kondisi finansial saat ini.

Anda tidak bisa mengajukan pinjaman yang melebihi aset yang dimiliki saat ini. Sebab kemungkinan terjadinya kredit macet sangatlah besar.

Agar pinjaman mudah disetujui, sebaiknya ajukan pinjaman dalam jumlah yang wajar. Cobalah menghitung jumlah yang dibutuhkan untuk menghindari pengajuan pinjaman yang lebih besar daripada yang dibutuhkan.

6. Bermanfaat sebagai Bagian dari Perencanaan Keuangan

Sebaiknya liriklah rumah KPR mulai dari sekarang, mumpung masih muda dan belum berkeluarga. Sebab Anda belum punya tanggungan apapun, sehingga seluruh pemasukan dihabiskan oleh diri sendiri. Sementara kalau sudah berkeluarga, maka pemasukan harus berbagi, baik kepada istri maupun anak.

Daripada pemasukan dihambur-hamburkan untuk hal yang kurang penting, lebih baik alokasikan untuk membeli rumah. Adanya kewajiban membayar cicilan membuat keuangan lebih tertata rapi. Anda pun mampu melakukan penghematan demi kelancaran saat membayar cicilan.

Meski demikian, perhatikan besarnya cicilan yang harus dibayar setiap bulan. Jangan sampai jumlahnya melebihi 30 persen dari total pemasukan per bulan agar keuangan tidak terganggu.

7. Punya Aset Penjamin Kebahagiaan

Tinggal di rumah sendiri tentu lebih nyaman daripada harus mengontrak atau ngekos, setuju? Tidak hanya itu, rumah milikmu juga dapat memberi kebahagiaan penuh selama hidup.

Ketika usia bertambah, Anda tidak perlu memikirkan rumah lagi karena sudah memilikinya sewaktu muda dulu. Kalaupun terpikir untuk membeli rumah baru, ya sah-sah saja. Rumah tersebut bisa dijadikan aset untuk jangka panjang yang bisa menjamin kehidupan di hari tua nanti.

Jika hal-hal buruk terjadi di masa tua, Anda pun tidak akan kebingungan lagi mencari dana. Ada rumah yang bisa dijual atau digadaikan untuk memperoleh uang dalam jumlah yang cukup.

Jangan Sia-siakan Kesempatan KPR Begitu Saja

KPR adalah salah satu solusi terbaik bagi yang ingin membeli rumah impian sejak dulu. Syarat pengajuannya mudah, DP kecil, harga rumahnya terjangkau, dan bisa dicicil hingga belasan tahun.

Kurang enak apa lagi? Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan ini. Jika Anda mendapatkan informasi mengenai rumah KPR, segera diambil apalagi kalau rumah itu sesuai dengan kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya