Duet Wamen BUMN dari Lingkaran Bank Mandiri, Ini Tugas dari Jokowi

Dua Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Kartika Wirjoatmodjo (kanan).
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.

VIVA – Bos dan mantan bos PT Bank Mandiri Tbk dipastikan bakal jadi wakil menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir lima tahun ke depan. Keduanya adalah Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo. 

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Budi Gunadi yang saat ini menjabat direktur utama Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), pernah menjabat dirut Bank Mandiri pada periode 2013-2016. Sementara itu, Kartika atau yang biasa dipanggil Tiko, menggantikan Budi dan hingga saat ini masih menjabat bank pelat merah tersebut. 

"Saya sama Pak Tiko diminta Pak Presiden untuk bantu Pak Erick," ujar Budi di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat 25 Oktober 2019. 

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Budi menjabarkan, mereka diminta Presiden untuk membuat program-program di BUMN yang bisa mendorong perekonomian rakyat, seperti petani dan nelayan. Upaya itu agar tingkat kemiskinan di Indonesia bisa terus ditekan. 

"Jangan sampai rakyat jadi miskin. Itu pesan yang saya dapat," tuturnya. 

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Sementara itu, Tiko mengungkapkan, Jokowi menginginkan BUMN lebih kompetitif dan menjadi pemain global ke depannya. 

"Membangun competitiveness Indonesia, termasuk dari sisi talent-nya. Karena talent di BUMN ini bisa jadi talent nasional," tambahnya. 

Dengan penunjukan tersebut, Tiko pun menyampaikan segera mengundurkan diri dari jabatannya saat ini. "Ya hari ini pasti saya akan mengundurkan diri, nanti akan dilakukan RUPSLB," ujar Tiko. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya