Pencak Silat, Pantun dan Gamelan Diajukan Jadi Warisan Budaya Dunia

Binsar Simanullang.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVAnews.

VIVA – Indonesia mengajukan pencak silat, pantun dan gamelan sebagai warisan budaya dunia. Ketiga kebudayaan tersebut itu diajukan Indonesia ke Unesco.

Guru Pencak Silat di Sampang Cabuli Muridnya dengan Modus Pengobatan

Kepala Subdirektorat Warisan Budaya Tak Benda Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud, Binsar Simanullang mengatakan, ketiga kebudayaan itu telah diagendakan untuk disidangkan oleh Unesco untuk layak atau tidaknya menjadi warisan budaya dunia.

Binsar menjelaskan bahwa dokumen ketiga kebudayaan tersebut telah dimasukkan ke Unesco di bulan April 2019. Unesco telah menerima dokumen pengajuan warisan budaya dari Indonesia dan telah menjadwalkan sidang pembahasan tentang usulan tersebut.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Binsar menerangkan, untuk pencak silat Unesco sudah mengagendakan sidang pada Desember 2019 mendatang. Sidang, sambung Binsar, akan digelar di Bogota, India.

Untuk pantun, Binsar menyebut Unesco juga telah mengagendakan sidang pembahasan. Sidang akan digelar di tahun 2020 mendatang. 

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

"Pantun kita usulkan bersama-sama dengan Malaysia, jadi (pantun) usulan bersama dengan Malaysia untuk dibahas di sidang UNESCO," ujar Binsar di Yogyakarta, 5 November 2019.

"Kami mengusulkan gamelan sebagai warisan budaya dunia. Tahun 2021, UNESCO akan membahas usulan Indonesia tentang gamelan sebagai warisan budaya dunia," sambung Binsar.
 

Karyawan PNM, Mila

Semangat Kebangkitan Nasional: Perjalanan Inspiratif Mila dari Serang, Banten

Sebuah cerita yang memancarkan inspirasi dan dedikasi yang luar biasa dari Serang, Banten, dalam semangat Hari Kebangkitan Nasional.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024