Lebih Baik Pilih Rumah atau Mobil untuk Investasi? Ini Jawabnya

Ilustrasi mobil
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi Anda yang sudah bekerja dan memiliki panghasilan tetap, keinginan membeli aset berharga tentu menjadi pertimbangan yang terbilang wajar. Investasi memang jadi kebutuhan tersendiri bagi mereka yang sudah memiliki penghasilan memadai.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Rumah dan mobil menjadi dua pilihan utama yang paling sering dijadikan pertimbangan, sebab kedua aset ini kerap dianggap sebagai bentuk pencapaian karier dan kesuksesan seseorang. Lalu, apakah Anda sudah memiliki pilihan di antara kedua aset tersebut?

Bagi kebanyakan anak muda, membeli mobil kerap dijadikan sebagai pilihan. Selain menunjang penampilan, pada kenyataannya harga mobil memang lebih terjangkau di pasaran.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Anda bisa menemukan banyak sekali pilihan mobil yang bisa dipertimbangkan, mulai dari yang keren dengan harga terjangkau, hingga canggih dengan harga paling mahal. Anda akan sangat leluasa memilih salah satu yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan.

Namun jika berbicara tentang potensi keuntungan, membeli rumah tentu jauh lebih menjanjikan. Aset yang satu ini memang lebih mahal, namun akan tetap memiliki nilai yang tinggi di masa depan.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Anda bahkan bisa saja mendapatkan keuntungan ketika kelak menjualnya kembali kepada orang lain. Memilih salah satu di antara kedua aset ini tentu menjadi hal yang sulit, apalagi jika Anda benar-benar menginginkan keduanya.

Kalau masih tetap bingung anatara pilih beli rumah atau mobil sebagai salah satu investasi, simak ulasan berikut yang bisa menjawab keraguan Anda seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Coba Perhatikan Apa yang Jadi Kebutuhan Utama Anda

Jika saat ini masih lajang, maka kemungkinan Anda akan berpikir membeli rumah bukanlah kebutuhan yang begitu penting. Anda mungkin nyaman tinggal di kos-kosan atau bahkan apartemen dan tidak ingin direpotkan dengan berbagai urusan rumah.

Namun kembali lagi kepada kebutuhan dasar Anda. Memiliki sebuah rumah tentu akan jauh lebih penting daripada sebuah mobil, bukan?

Rumah termasuk dalam kebutuhan utama yang harus dimiliki, tak perduli apa status yang Anda sandang saat ini. Karena rumah adalah tempat bernaung setelah seharian lelah beraktivitas.

Sedangkan mobil, bisa masuk kebutuhan sekunder atau tambahan, yang jika tidak ada juga tidak masalah. Anda bisa membeli mobil ini kelak, setelah Anda memiliki sebuah rumah.

2. Ketahui Nilai Investasinya di Masa yang akan Datang

Saat membeli rumah atau mobil, maka Anda tentu sedang berinvestasi di dalam keuangan. Anda akan mengeluarkan sejumlah dana dan mendapatkan keuntungan atas pembelian yang dilakukan.

Namun di antara keduanya, aset mana yang kelak akan memberikan keuntungan lebih besar buat Anda? Harga rumah akan cenderung selalu meningkat setiap tahunnya.

Sehingga nilai rumah Anda akan selalu naik seiring dengan berlalunya waktu. Namun untuk kebutuhan ini, jelas Anda akan membutuhkan sejumlah biaya perawatan.

Sedang harga mobil cenderung mengalami penurunan. Apalagi jika mobil tersebut pernah mengalami risiko tabrakan atau bahkan kerusakan.

Selain itu, Anda juga akan membutuhkan biaya perawatan rutin yang cukup tinggi saat memiliki sebuah mobil. Dengan melihat hal tersebut, Anda tentu paham mana yang paling menguntungkan.

3. Pertimbangkan Manfaat Jangka Panjang

Saat Anda membeli rumah, maka Anda bisa meninggalinya dan memangkas biaya sewa kos-kosan atau apartemen yang selama ini Anda keluarkan secara rutin. Anda bisa menata hidup dengan lebih mudah, bahkan untuk menuju jenjang pernikahan, sebab Anda sudah memiliki hunian.

Selain itu, rumah ini juga akan bisa dipakai untuk jangka panjang, bahkan hingga Anda tua nanti. Sebaliknya, jika membeli mobil, maka Anda tetap harus mengeluarkan sejumlah biaya sewa tempat tinggal.

Anda juga harus mengeluarkan biaya perawatan rutin mobil ini, termasuk biaya parkir serta yang lainnya. Mobil juga memberikan risiko yang cukup besar untuk Anda, baik itu risiko kerusakan dan kehilangan, bahkan risiko penurunan nilai/ harga di masa yang akan datang.

4. Membiasakan Hidup Mandiri

Jika selama ini Anda masih tinggal dengan orangtua, maka membeli rumah bisa jadi momen di mana kamu belajar hidup mandiri dan tinggal terpisah dari orangtua. Anda bisa mengatur segala sesuatunya sendiri.

Sehingga Anda melewati satu level yang lebih baik di dalam hidup Anda. Ini akan menjadi masa pendewasaan yang penting, sehingga Anda bisa melatih diri untuk lebih bertanggung jawab terhadap kehidupa pribadi Anda

5. Banyak Pilihan Moda Transportasi

Jika alasan membeli mobil hanya untuk mendukung mobilitas Anda yang terbilang biasa saja dan tidak terlalu padat, maka ini tentu bukan keputusan yang tepat. Saat ini ada banyak pilihan alternatif moda transportasi yang bisa Anda akses dengan mudah.

Apalagi jika Anda tinggal di kawasan perkotaan. Anda bisa bepergian dengan nyaman dan tenang, tanpa perlu repot-repot untuk menyetir sendiri dan menghadapi kemacetan setiap harinya.

Pertimbangkan dengan Matang dan buat Keputusan yang Tepat

Jika saat ini Anda kebingungan untuk memilih antara membeli rumah atau mobil, maka kamu tentu perlu melihat kembali kebutuhan Anda yang paling mendesak saat ini. Pertimbangkan dengan matang terlebih dahulu, sehingga Anda bisa membuat keputusan yang paling tepat dan memilih salah satu di antara keduanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya