OJK Yakinkan Wapres untuk Mitigasi Dampak Perang Dagang

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menghadap Wakil Presiden Ma'ruf Amin, di Kantor Wapres, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin 11 November 2019. Wimboh melaporkan perkembangan terkini terkait kondisi ekonomi.

Strategi RI Hadapi Perang Dagang di Tengah Pandemi COVID-19

"Biasa, update saja mengenai ekonomi, financial sector, umum saja. Kan belum pernah nge-update selama Pak Wapres Ma'ruf Amin," kata Wimboh usai bertemu Wapres Ma'ruf.

Wimboh mengklaim kondisi ekonomi yang dia laporkan kepada Ma'ruf secara umum baik. Wimboh hanya mewanti-wanti adanya perang dagang yang bisa memengaruhi Indonesia.

Airlangga Dorong Indonesia Produksi Vaksin Mandiri

"Secara umum bagus dan juga kita harus mitigasi adanya trade war yang tentunya akan berdampak kepada ekonomi kita," ujar Wimboh.

Dia meyakinkan pihaknya juga menyiapkan berbagai kebijakan terkait dampak trade war tersebut. Sehingga bisa meringankan dampak penurunan ekonomi global.

Perang Dagang Australia-China Memanas, Harga Batu Bara Acuan Naik

"Di antaranya perbankan harus tetap kuat, permodalan kita tetap tinggi, likuiditas aman. Dan ekonomi kita juga berbagai program supaya bisa meng-create sumber-sumber pertumbuhan baru, sehingga nanti bisa tetap meringankan dampak spill over dari penurunan ekonomi dunia global," terang Wimboh.

Pihaknya juga ingin mendorong proyek prioritas pemerintah seperti pariwisata dan industri pengolahan yang kualitas ekspor. Sementara dari segi pembiayaan, OJK katanya ingin menciptakan skema pembiayaan yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan sektor usaha.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

RI Coba Manfaatkan RCEP Tarik Investasi ke Pasar Modal

72 persen aliran investasi asing yang masuk ke Indonesia ternyata berasal dari negara anggota RCEP. 

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2022