Logo BBC

Yordania Akhiri Kontrak Sewa Lahan Perbatasan bagi Petani Israel

Gerbang perbatasan ditutup pada hari Minggu sore (10/11). - AFP
Gerbang perbatasan ditutup pada hari Minggu sore (10/11). - AFP
Sumber :
  • bbc

Raja Yordania mengumumkan diakhiri kesepakatan penyewaan yang memberikan Israel akses ke dua enklav atau daerah kantong di perbatasan. Berdasarkan traktat perdamaian tahun 1994, petani Israel dapat menggarap lahan di wilayah Naharayim dan Tzofar - atau Baqura dan Ghamr dalam bahasa Arab.

Penyewaan berlangsung selama 25 tahun dan sebenarnya bisa diperpanjang. Meskipun demikian Raja Abdullah telah mengumumkan tahun lalu bahwa dirinya berencana mengakhiri penyewaan.

Sejumlah pihak memandang ini adalah isyarat memburuknya hubungan Yordania dengan Israel. Saat itu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan dirinya masih berharap dapat merundingkan perpanjangan persetujuan.

Pada hari Minggu (10/11), ketika penyewaan berakhir, gerbang perbatasan ditutup dan kantor berita AFP melaporkan warga Israel dicegah masuk.

Satu orang petani, Eli Arazi, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa warga menanam tanaman pangan di sana selama 70 tahun, dan menggambarkan diakhirinya penyewaan sebagai "sebuah tamparan di muka".


- BBC

Sejarah kesepakatan