Logo BBC

Hari Kebaikan Dunia: Mengapa Berbuat Baik Membantu Hidup Lebih Lama

Warga mendonorkan darahnya di PMI Kota Bandung, Jawa Barat.
Warga mendonorkan darahnya di PMI Kota Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Apa yang dapat diberikan oleh kebaikan kepada Anda? Kehangatan atau kesehatan? Ini mungkin saja ada benarnya, tetapi para ilmuwan dan akademisi pada sebuah pusat penelitian mengatakan kebaikan bisa membuat Anda hidup lebih lama.

"Kami melihat dari sudut pandang ilmu pengetahuan. Kami bukannya duduk membentuk lingkaran, berpegangan tangan. Kami membicarakan psikologi, biologi, interaksi sosial yang positif," kata Daniel Fessler, direktur institut Bedari Kindness, University of California, Los Angeles (UCLA), AS.

Teori tentang kebaikan memang menjadi berita utama akhir-akhir ini.

Ini menjadi inti pidato mantan Presiden AS Barack Obama pada pemakaman veteran Partai Demokrat Elijah Cummings yang meninggal dunia bulan lalu.

"Tidak ada kelemahan dalam kebaikan dan kasih sayang," katanya. "Bukanlah suatu kelemahan jika Anda memperhatian orang lain. Anda bukanlah seorang tolol jika memiliki intergritas dan memperlakukan orang lain dengan perasaan hormat."

Ellen DeGeneres mendorong adanya kebaikan ketika membicarakan pertemanannya dengan George W Bush: "Ketika saya mengatakan, `Berbuat untuk sesama,` Saya bukannya hanya mengacu kepada orang yang berpikir sehaluan dengan Anda. Maksud saya baik ke semua orang."

Jadi pada Hari Kebaikan Dunia pada tanggal 13 November ini kami mengkaji apa yang dimaksud dengan kebaikan dan mengapa hal ini penting.


- Getty Images