Ginjal Raksasa 7 Kg Diangkat dari Pria, Termasuk Terbesar di Dunia

Ilustrasi batu ginjal
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ahli bedah di India berhasil memotong dan mengangkat bagian ginjal besar dengan berat setara bola bowling dari seorang pria dengan kondisi genetik yang sudah mengancam jiwa si pasien. Ginjal dengan berat 7,4 kilogram itu adalah salah satu yang terbesar yang pernah diangkat dalam operasi.

Sering Konsumsi Minuman Manis Picu Ginjal Rusak, Kok Bisa?

"Itu adalah benjolan besar yang menempati setengah dari perutnya. Kami tahu itu adalah ginjal besar tapi tidak pernah mengira akan seberat ini," kata Sachin Kathuria yang merupakan anggota tim bedah.

Dilansir dari Channel News Asia, pasien berusia 56 tahun yang menderita penyakit ginjal polikistik dominan autosomal itu telah menjalani operasi selama dua jam di Rumah Sakit Sir Ganga Ram di Delhi bulan lalu.

Ahli: 90 Persen Penderita Ginjal Tak Paham dengan Penyakitnya

Ginjal normal orang dewasa memiliki berat sekitar 120 gram hingga 150 gram dan panjangnya 12 cm. Kathuria mengatakan ginjal yang dipotong dari pria itu hampir 45 cm panjangnya.

Guinness Book of Records mengatakan ginjal terbesar yang diambil dari manusia adalah 4,25 kilogram dalam operasi di Dubai pada 2017. Namun para dokter di rumah sakit New Delhi mengatakan mereka telah menemukan catatan medis dari ginjal seberat 9 kilogram yang dipotong dari seorang pasien.

Penyakit Ginjal Masuk Jadi Penyebab Kematian Tertinggi, Ini Alasannya

Penyakit yang dialami pria yang tak disebutkan namanya itu menyebabkan kista penuh cairan yang mulai tumbuh di ginjal.

Dokter kemudian langsung mengusulkan operasi ketika mereka mendeteksi perdarahan internal dan penyebaran infeksi. Kathuria mengatakan pria itu sekarang dalam kondisi baik dan menjalani dialisis menunggu transplantasi ginjal.

Menjaga kesehatan ginjal.

Cara Mudah Mendapatkan Informasi untuk Kesehatan Ginjal

Akses bagi pasien, tidak hanya dapat menghubungi dan mendapatkan informasi yang lengkap dari fasilitas kesehatan atau konsultasi dokter spesialis di kesehatan ginjal

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022