Logo BBC

Mengapa Presiden Rodrigo Duterte Minta Maaf soal SEA Games

Para pendukung tim Filipina bersorak menjelang pembukaan SEA Games. - EPA
Para pendukung tim Filipina bersorak menjelang pembukaan SEA Games. - EPA
Sumber :
  • bbc

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan SEA Games, sehari setelah dia meminta maaf atas masalah-masalah yang timbul dalam pelaksanaan pesta olahraga Asia Tenggara itu.

Dalam wawancara yang disiarkan pada Jumat (29/11), Duterte berjanji akan menyelidiki penyebab berbagai masalah jelang upacara pembukaan di Philippine Arena, sekitar 25 kilometer sebelah utara Kota Manila.

"Saya benar-benar meminta maaf atas nama negara...Mereka (negara-negara lain) harus tahu selagi mereka di sini bahwa pemerintah tidak gembira," kata Duterte sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

"Tidak bisa dibuang begitu saja semuanya ketidaknyamanan, penderitaan para atlet, tidur di lantai, kelaparan. Untuk negara-negara yang mengirim mereka ke sini, itu urusan besar," tambahnya.

Pihak penyelenggara menjanjikan upacara pembukaan spektakuler yang menampilkan budaya Filipina dan pesan persatuan.

"Lagu pembukaan `Ugat ng Ating Lakas` (akar kekuatan kami) adalah rangkaian tarian bersemangat dari Bagobo, Kalinga, Maguindanao, dan Bisayans pada era sebelum kekuasaan Spanyol," kata Floy Quintos, pemimpin gelaran upacara pembukaan.

SEA Games 2019 menggelar 530 pertandingan di enam provinsi dan kota. Ada pula 10 olahraga baru, termasuk e-sport, skateboarding, dan kurash.