Apac Citra Minati Bisnis CPO

VIVAnews - PT Apac Citra Centertex Tbk (MYTX) kabarnya berencana menggeluti bisnis minyak kelapa sawit (CPO) tahun ini, dari usaha utamanya di sektor tekstil dan garmen.

Menurut sumber VIVAnews, hal itu terdorong dengan langkah ekspansi usaha perseroan di tahun ini dan sektor CPO yang cenderung menjanjikan. "Dikabarkan, Apac sudah mengakuisisi lahan sawit di Sumatera Selatan untuk memperkuat langkahnya menekuni CPO," ujarnya di Jakarta, Rabu malam, 27 Januari 2010.

Apalagi, dia menambahkan, perseroan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cukup banyak dan berkualitas yang bisa disalurkan ke bisnis baru tersebut.

Sementara itu, Ida, salah seorang staf Corporate Secretary Apac Citra saat dimintai konformasi mengaku belum mengetahui adanya rencana bisnis perseroan tersebut.

"Coba nanti kami informasikan, bila sudah mendapatkan jawaban dari Corporate Secretary kami," tuturnya kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis, 28 Januari 2010.

Per 31 Desember 2009, PT Apac Century Corporation menguasai saham berkode MYTX sebanyak 18,76 persen dan Growth Solution Ltd mencapai 58,77 persen. Sedangkan sisanya dimiliki publik.

Pada perdagangan Rabu, 27 Januari 2010, MYTX ditutup menguat Rp 2 (3,50 persen) ke level Rp 59. Broker PT Erdikha Elit Sekuritas dengan kode broker AO tercatat sebagai broker yang paling banyak mengoleksi saham Apac Citra.

Robin Setiawan, analis sekuritas di Jakarta berpendapat, rencana perseroan memasuki binis CPO bisa saja terealisasi. Sebab, mungkin perusahaan melihat perkembangan usaha tekstil yang sedang digelutinya sudah jenuh.

"Hal itu, terlihat dari laporan keuangan perseroan dalam dua tahun terakhir yang tidak membukukan keuntungan," tuturnya.

Tentunya, dia menambahkan, pemikiran pihak emiten untuk mengeluti bidang lain, yakni CPO bisa saja dilakukan agar perusahaan terus berjalan. Apalagi, propek bisnis CPO yang dijajaki Apac jelas memliki prospek. "Kalau nantinya MYTX masuk ke sektor itu, sepertinya akan bereaksi pada saham di pasar modal. Jadi, spekulatif beli boleh dilakukan," kata Robin.

Seperti diketahui, Apac Citra Centertex memproyeksikan penjualan sebesar Rp 2,5 triliun sampai akhir tahun 2009 atau meningkat 31 persen dibandingkan tahun lalu (2008) sejumlah Rp 1,91 triliun.

Direktur Keuangan MYTX Anas Bahfen menuturkan, target pertumbuhan itu memang terkesan cukup tinggi, namun sebenarnya masih sama dengan proyeksi dua tahun sebelumnya.

PSI Buka Suara Soal Relawan Daftarkan Kaesang untuk Maju Pilkada Kota Bekasi

"Sebenarnya target itu sama dengan 2007. Sebab, tahun lalu penjualan kita turun 26 persen akibat krisis global, terlihatnya jadi besar," kata Anas di Jakarta, belum lama ini.

antique.putra@vivanews.com

Polisi konpers penipuan kedok manipulasi data email rugikan perusahaan Singapura Rp32 miliar

Rugikan Perusahaan Singapura Rp32 Miliar, Sindikat Manipulasi Data Email Dicokok

Sindikat itu beranggotakan 3 WNI dan 2 warga Nigeria. Polisi masih memburu pelaku lain warga Nigeria yang berperan sebagai hacker.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024