Logo BBC

AS Dakwa Mantan Direktur Garuda atas Tuduhan Ekspor Ilegal ke Iran

- AFP/Getty Images
- AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Mantan Direktur Garuda Indonesia, Sunarko Kuntjoro didakwa di Pengadilan Negeri Amerika Serikat.

Kuntjoro didakwa di Distrik Columbia (10/12) atas dugaan melanggar hukum ekspor AS terkait sanksi AS terhadap Iran, sebagaimana diberitakan laman Kementerian Kehakiman AS.

Tiga perusahaan Indonesia lain, PT MS Aero Support (PTMS), PT Kandiyasa Energi Utama (PTKEU), dan PT Antasena Kreasi (PTAK) juga disebut dalam tuduhan itu.

Nama Kuntjoro tidak asing dalam dunia penerbangan sipil Indonesia. Dia meniti karier di PT Garuda Indonesia dan pada 2005 ditunjuk sebagai direktur di bawah Emirsyah Satar.

Pada 2017, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah memanggil Kuntjoro bersama dua mantan pejabat PT Garuda Indonesia lainnya sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pengadaan mesin pesawat Rolls-Royce semasa Emirsyah Satar menjabat direktur utama maskapai tersebut.

Menurut surat dakwaan, Kuntjoro selaku pemegang saham mayoritas dan Direktur Utama PTMS, dituduh berkonspirasi dengan beberapa pihak, antara lain maskapai Iran, Mahan Air; Mustafa Oveici, seorang pemimpin Mahan Air; juga pihak lain dari AS, pada periode Maret 2011 hingga Juli 2018.

AS menduga ada konspirasi yang melibatkan pengangkutan barang-barang milik Mahan Air melalui PTMS, PTKEU dan PTAK ke Amerika Serikat untuk diperbaiki kemudian diekspor kembali ke Mahan Air di Iran dan di tempat lain.