Infrastruktur Digenjot, Persaingan Produsen Bahan Bangunan kian Sengit

Pabrik bata ringan Bricon.
Sumber :
  • Dokumentasi Bricon.

VIVA – Gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan saat ini membuat industri manufaktur dalam negeri terus bergeliat. Geliat tersebut salah satunya dirasakan oleh produsen bahan bangunan. 

Inovasi dan Teknologi untuk Masa Depan Industri Bahan Bangunan dan Dekorasi

Produsen bata ringan CV Building Material Construction misalnya. Perusahaan itu mengaku optimis peningkatan produksi bata ringan masih akan terus meningkat di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo jilid II.

Direktur Building Material Construction, Djunaedy Widjaja mengungkapkan, optimisme tersebut bukan tanpa alasan. Indikasinya bisa terlihat dari penjualan merek bata ringan yang diproduksi, Bricon, terus menunjukkan performa penjualan yang meningkat dari tahun ke tahun.

40 Ponpes Terdampak Gempa Cianjur Dapat Bantuan Bahan Bangunan

"Melihat situasi ke depan, Bricon masih cemerlang. Mengingat di kepemimpinan Jokowi, pembangunan infrastruktur masih menjadi agenda utamanya," ujar Djunaedy dikutip dari keterangannya, Jumat 20 Desember 2019. 

Bagai dua sisi mata uang, lanjut Djunaedy, besarnya peluang tersebut pun membuat persaingan bisnis di industri bahan bangunan semakin meningkat. Banyak pelaku usaha baru bermunculan dan itu menjadi tantangan tersendiri. 

Produk Bahan Bangunan Lokal Ini Mejeng di IndoBuildTech 2022

"Persaingan pasar yang semakin ketat. Untuk itulah kami selalu menjaga komitmen dalam memberikan produk dan service yang terbaik,” ungkapnya.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, menurutnya, sejumlah strategi bisnis baru pun dilakukan. Salah satunya menggenjot pemasaran menggunakan basis digital. 

Walaupun belum menjadi tool pemasaran utama, pemasaran melalui digital presentasenya sudah mencapai 60 persen dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional. Selain branding, konten yang terdapat di kanal digital Bricon pun menghadirkan edukasi dan informasi terkait bata ringan. 

"Dengan aktif di media digital telah memudahkan kami untuk berinteraksi dengan calon pelanggan,” jelas Djunaedy.

Terkait kualitas bata ringan dia menegaskan, Bricon selalu mengutamakan aspek mutu sebagai harga mati. Kualitas mumpuni dari produk Bricon bisa terwujud dengan quality control yang ketat yang bahkan sudah dimulai dari tahap awal pembuatan produk.

"Kami juga rutin melakukan research dalam rangka peningkatan kualitas produk dan service untuk pelanggan," tambahnya. 

Kualitas produk Bricon juga telah mendapatkan pengakuan secara nasional. Hal itu terbukti dengan penghargaan yang diperoleh. Antara lain Top Brand Award 2019, Top Product Property Award 2019, Property product Satisfaction Award 2019, dan 500 Brand Champions 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya