Harapan Masyarakat Indonesia di Jepang di Tahun 2020

Pembacaan Al Quran 30 juz di Masjid Al Ikhlas Kabukicho Shinjuku Tokyo pada malam pergantian tahun 2019-2020.
Sumber :
  • VIVAnews / Andylala

VIVA – Pergantian tahun 2019 ke 2020 di Jepang telah berlangsung, diiringi berbagai harapan kebaikan dan kedamaian dari semua orang. Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Tri Purnajaya, kepada VIVAnews menyampaikan ucapan selamat tahun baru kepada warga negara Indonesia (wni) yang bermukim di Jepang.

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

"Saya mengucapkan selamat tahun Baru, Semoga di 2020 semakin membawa limpahan keberkahan bagi kita semua", ujar Tri Purnajaya. Tri juga meminta kepada masyarakat Indonesia yang tengah berlibur di Jepang agar mematuhi semua aturan yang berlaku di Jepang.

"Saya juga menghimbau masyarakat yg sedang berlibur di Jepang, harap mengikuti tata tertib dan peraturan di Jepang. Mari kita jaga nama baik Indonesia," lanjut Tri Purnajaya. 

Indonesia Menjadi Negara Dengan Tinggi Badan Terpendek di Dunia

Ucapan dan harapan juga disampaikan Ketua Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang, Muhammad Aziz. Ia mengatakan tahun 2020 menjadi langkah bersama untuk saling memberi manfaat.

"Menjaga motivasi, baik secara pribadi maupun kolektif, dengan saling menghargai, menasehati dan membantu demi terwujudnya sinergi dan integritas sosial. Dan selalu menjaga nilai untuk menjadi manusia yang bermanfaat", kata Aziz. 

Masyarakat Indonesia Bikin Timnas Mali Kaget Main di Piala Dunia U-17

Ssmentara itu Ketua Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI) Jepang, Bob Tobing berharap semua umat mampu untuk saling menjalin persahabatan.

"Kita syukuri berkat Tuhan di tahun yang  lampau dan berharap yang terbaik diberikan Tuhan di tahun 2020. Jadilah sahabat bagi semua," kata Bob Tobing.

Dalam kesempatan terpisah Ketua Keluarga Masyarakat Hindu Indonesia  (KMHI) Jepang Nyoman Supat Widya berharap kerukunan masyarakat Indonesia di Jepang semakin erat di 2020.

Atas nama keluarga masyarakat Hindu Indonesia mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020, semoga ditahun di tahun ini kita semua dimudahkan segala urusan dan kekompakan serta kerukunan umat beragama di perantauan tambah semakin erat", kata Nyoman. 

Perayaan malam tahun baru dari masyarakat Indonesia di Jepang tidak hanya berlangsung di tempat keramaian tetapi juga di rumah ibadah. Seperti halnya di Masjid Al Ikhlas Kabukicho Shinjuku Tokyo yang menyelenggarakan pembacaan Al Quran 30 juz di malam pergantian tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya