Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Aktivitas masyarakat Indonesia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA –  Angka harapan hidup adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah sebuah negara memiliki tingkat kesejahteraan penduduk yang tinggi atau rendah, karena semakin tinggi harapan hidup sebuah negara, semakin besar kemungkinan warganya hidup lebih lama. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Selain itu, angka ini digunakan untuk menilai tingkat kesejahteraan sebuah negara, karena angka ini menunjukkan seberapa baik pemerintah telah meningkatkan berbagai aspek layanan kesehatan dan kesejahteraan penduduk.

Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta

Photo :
  • Humas KAI Daop 1 Jakarta
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Dilansir dari Goodstats pada Kamis, 18 April 2024, faktor-faktor utama yang menyebabkan angka harapan hidup yang rendah di negara-negara berkembang yakni tingkat kemiskinan yang tinggi, akses terbatas terhadap layanan kesehatan, dan kurangnya pendidikan kesehatan. angka harapan hidup rata-rata di negara berkembang biasanya berada di antara 40 dan 60 tahun.

Sebaliknya, negara maju memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi dan orang-orang di sana bisa menjalankan kehidupan selama 90 tahun atau lebih. Hal ini disebabkan oleh infrastruktur kesehatan yang lebih baik, akses yang lebih mudah ke layanan kesehatan berkualitas tinggi, gaya hidup yang lebih sehat, dan tingkat pendidikan yang lebih tinggi tentang kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Angka harapan hidup penduduk Indonesia meningkat sebesar 0,31% pada 2023 yaitu sebesar 79,93 tahun dari sebelumnya yaitu 73,7 tahun pada 2022, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Selain itu, angka harapan hidup penduduk Indonesia pada tahun 2023 tumbuh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan sebesar 0,22% per tahun selama periode 2020–2022.

Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta menempati posisi tertinggi dalam angka harapan hidup di Indonesia dengan 75,81 tahun, menempatkannya di atas semua provinsi lainnya. Di bawah Jakarta, Yogyakarta menempati posisi kedua dengan 75,18 tahun.

Selain itu, Provinsi Jawa Barat memiliki angka harapan hidup sebesar 74,91 tahun dan Provinsi Riau memiliki angka harapan hidup sebesar 74,9 tahun.

Sejumlah warga menikmati suasana Bundaran HI di anjungan Halte Bus Transjakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.

Dengan menggunakan angka harapan hidup ini, kita dapat mengetahui seberapa berhasil pemerintah memperbaiki kesehatan masyarakat Indonesia. Diharapkan bahwa pemerintah Indonesia selalu berkomitmen untuk membuat kebijakan dan program untuk meningkatkan kualitas hidup rakyatnya. 

Untuk meningkatkan angka harapan hidup dan kualitas hidup secara keseluruhan, negara berkembang perlu meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan berkualitas, mengurangi tingkat kemiskinan, dan meningkatkan pendidikan kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya