Kemenhub Bakal Sulap Fasilitas Dua Terminal di Medan Seperti Bandara

Plt.Wali Kota Medan, Akhyar.
Sumber :
  • Putra Nasution/VIVAnews.

VIVA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Kota Medan pada tahun 2020 ini, akan melakukan revitalisasi Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris, di Kota Medan. Terminal tersebut akan disulap memiliki fasilitas seperti bandara. Dengan menggunakan dana bersumber dari APBN.

Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution Kompak Atasi Banjir Medan

“Kedua terminal tersebut adalah type A, sesuai peraturan dikelola oleh Kemenhub. Pada prinsipnya, sudah kami serahkan aset Pemko Medan ke Kemenhub. Kemudian, sesuai komitmen kami dengan Kemenhub, kedua terminal tersebut dibangun menyamai fasilitas bandara,” sebut Plt. Wali Kota Medan, Akhyar Nasution kepada wartawan di Medan, Kamis 2 Januari 2020.

Akhyar menjelaskan, ?kedua terminal tersebut, sudah masuk tahapan detail engineering desain (DED) dan ditenderkan oleh Kementerian Kemenhub pada tahun ini. Pembangunan akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini.
?
Akhyar menjelaskan, terminal standar bandara adalah terminal yang di dalamnya sama seperti Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Di antaranya ada pusat jajanan makanan dan minuman, swalayan, shopping centre, rumah ibadah, fasilitas difabel, ibu menyusui dan pastinya terminal nantinya akan ramah anak dan ramah lingkungan. 

Demo Satu Tahun Kepemimpinan Bobby Nasution di Medan Berakhir Ricuh

“Kami juga sudah meminta agar desainnya mengacu kearifan lokal dengan catatan tak meninggalkan etnisitas lokal Kota Medan. Supaya ciri khas Kota Medan tetap ada dengan multi etnisnya. Hal ini sudah kami sampaikan langsung kepada tim pelaksana gambar terminal,” tutur Akhyar. 
 
Akhyar juga menyebutkan, setelah proses tender, Pemko Medan dan tim Kemenhub sudah menandatangani MoU dengan tim Bus Rapid Transit (BRT) serta berkomitmen pembangunan terminal dilaksanakan pada 2020. 

“Pada fungsinya, Terminal Amplas tetap difungsikan selama pembangunan. Hanya saja dibuat bangunan alternatif terlebih dahulu. Itu semua akan diatur pihak Kemenhub,” kata Akhyar.

Soroti Medan, Surya Paloh ke Edy Rahmayadi: Ibu Kota Harus Bersih

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis mengungkapkan kedua terminal ini juga nantinya menjadi terminal yang memiliki standar Kota Metropolitan dan terminal terbaik di pulau Sumatera. 

“Kami sangat bersyukur Kemenhub sudah memberikan pembangunan untuk kedua terminal di Kota Medan. Dengan begitu, calon penumpang akan lebih banyak menunggu bus di terminal, dan akhirnya bus-bus dengan sendirinya masuk terminal,” jelas Iswar.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Gubernur Sumut Ungkap Hambatan Atasi Banjir di Kota Medan

Pemprov Sumut dan Pemkot Medan akan melakukan pembenahan infrastruktur di Kota Medan, untuk mengatasi banjir di kota terbesar nomor tiga di Indonesia itu.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022