Jokowi Minta Kementerian dan Lembaga Genjot Belanja Modal

Presiden Joko Widodo memimpin sidang kabinet paripurna penetapan RPJMN 2020-2024
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo memimpin sidang kabinet paripurna penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin 6 Januari 2020. Hadir seluruh pimpinan lembaga tinggi negara baik kementerian maupun lembaga.

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Dalam pembukaan Sidang Kabinet Perdana tahun 2020 tersebut, Jokowi berpesan dan mengingatkan kepada seluruh Kementerian dan Lembaga (K/L) agar belanja di bulan awal 2020 ini bisa dipercepat.

"Terutama yang berkaitan anggaran-anggaran modal, belanja-belanja modal," kata Jokowi.

Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

Kepala Negara pun menegaskan, percepatan belanja modal ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020. "Sekali lagi, agar belanjanya dipercepat, Ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi," tegasnya. 

Jokowi juga mengingatkan kepada seluruh pejabat eselon Kementerian/ Lembaga mulai dari pejabat eselon I, II, III dan IV, agar hal-hal yang berkaitan dengan petunjuk teknis atau juknis terkait belanja modal itu agar segera diselesaikan.

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

Selanjutnya, Jokowi mempersilahkan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa untuk bisa menyampaikan penetapan RPJMN 2020-2024.

"Silahkan Menteri Bappenas," kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi tampak didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Serta hadir seluruh Menteri Koordinator dan juga Menteri dari berbagai bidang, mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya