Logo BBC

Pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani dan Isu "Perang Dunia III"

 - AFP
- AFP
Sumber :
  • bbc

Amerika Serikat menewaskan komandan tinggi militer Iran Qasem Soleimani dalam serangan udara di Irak pada hari Jumat (03/01).

Soleimani membuka jalan bagi operasi militer di Timur Tengah, dan pembunuhannya menandai eskalasi besar dalam ketegangan antara Washington dan Tehran.

Koresponden pertahanan dan diplomatik Jonathan Marcus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin Anda punya terkait arti aksi ini.

Seberapa besar kemungkinan ini memicu Perang Dunia III?


Qasem Soleimani memimpin Pasukan Iranian Quds. - Getty Images

Meskipun beberapa orang menyebut pembunuhan Soleimani sebagai "deklarasi perang" dari Amerika Serikat terhadap Iran, penting untuk tidak melebih-lebihkan atau meremehkan signifikansi momen ini.

Ini tidak akan memicu Perang Dunia Tiga. Aktor kunci yang bisa terlibat dalam konflik seperti itu, misalnya Rusia dan China, tidak menjadi pemain penting dalam drama ini.

Tapi ini bisa menjadi momen yang menentukan bagi Timur Tengah dan bagi peran Washington di dalamnya. Serangan balasan dari Iran bisa diharapkan, dan ini bisa mengakibatkan siklus aksi dan reaksi yang membawa kedua negara mendekati konflik habis-habisan.