Sri Mulyani Serahkan Supres Omnibus Law Perpajakan ke DPR

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Presiden Joko Widodo telah menandatangani surat presiden (supres) tentang Omnibus Law Perpajakan. Oleh karena itu, dirinya hari ini diagendakan untuk rapat konsultasi dengan pimpinan DPR RI terkait penyerahan supres tersebut.

Anies Hati-hati, tapi Tom Lembong Lebih Tegas Kalau Menang Pasti Revisi UU Ciptaker

Dengan diserahkannya supres ke pimpinan anggota dewan, maka pemerintah memberikan informasi awal ke DPR bahwa pemerintah akan mengajukan pembuatan undang-undang baru. Setelahnya, pemerintah dan anggota dewan akan langsung melakukan pembahasan.

"Kami akan menyerahkan surpres sudah ditandatangani presiden dan akan segera menghadap pimpinan DPR untuk bisa menyampaikan ke beliau langsung dan berharap akan masuk dalam paripurna untuk segera dibahas," kata dia di Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.

Jadi Salah Satu Penggugus UU Ciptaker, Tom Lembong: Saya Bakal Revisi Jika Amin Menang

Dengan demikian, RUU Omnibus Law Perpajakan sudah akan memasuki babak baru untuk dibahas oleh parlemen saat rapat paripurna. Diharapkan, pembahasan UU baru sudah bisa dilakukan para anggota dewan pada minggu-minggu ini supaya pembahasannya tidak berlarut-larut. 

"kita harapkan bisa disampaikan omnibus minggu-minggu ini dan tergantung jadwal paripurna DPR bagaimana menetapkan omnibus law perpajakan," tegasnya.

Jika Jadi Presiden, Anies Baswedan Akan Kaji Ulang UU Ciptaker

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan 50 RUU masuk ke dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2020. Empat di antaranya mencakup omnibus law.

Omnibus law di bidang perpajakan ini hanya terdiri 28 pasal namun mengamandemen tujuh Undang-Undang (UU) yaitu UU PPh, UU PPn, UU KUP, UU Kepabeanan, UU cukai, UU pajak daerah dan retribusi daerah serta UU pemerintahan daerah. 28 pasal diharapkan akan terdiri dari enam cluster isu yang dibahas.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024

Ekonom Sebut Omnibus Law Jadi PR Prabowo-Gibran

Ekonom menyebut di sektor ekonomi Prabowo-Gibran memiliki PR mengenai Omnimbus Law atau Undang-undang (UU) Cipta Kerja No 6 Tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024