Tinjau YIA, Jokowi Minta Pelayanan kepada Penumpang Lebih Cepat

Presiden Joko Widodo di Yogyakarta International Airport.
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kulon Progo, DIY, Jumat, 31 Januari 2020. Dalam kunjungannya ke Kulon Progo, Jokowi sempat melihat proses pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA).

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Di YIA, Jokowi mengapresiasi proses pembangunan yang dilakukan. Jokowi menyebut YIA dibangun dalam waktu yang singkat yaitu 20 bulan.

Jokowi merasa puas dengan kemajuan pembangunan YIA. Jokowi menilai pembangunan YIA sebagai sebuah pekerjaan berat yang dikerjakan dalam waktu singkat.

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik ke Warga Banyuwangi

“Ini adalah pekerjaan besar dan dikerjakan dalam waktu singkat. Hanya 20 bulan saja membangun bangunan seluas 219 ribu meter persegi dan landasan 3.250 meter,” ujar Jokowi di YIA.

Jokowi menerangkan jika YIA memiliki kapasitas penumpang yang besar yaitu 20 juta penumpang setiap tahunnya. Jumlah ini lebih besar dibandingkan kapasitan Bandara Adisutjipto yang hanya mampu melayani 8,4 juta penumpang.

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

“Kehadiran YIA ini akan semakin mempercepat pelayanan di bandara. Terlebih traffic penumpang akan semakin padat dengan kapasitas bandara yang mencapai 20 juta,” ungkap Jokowi.

Jokowi menerangkan kapasitas yang lebih besar ini bisa mendorong penerbangan-penerbangan yang membawa turis sebanyak-banyaknya diarahkan ke YIA. Sehingga nanti DIY dan sekitarnya akan berkembang dengan baik.

"Kecepatan pelayanan dengan traffic penumpang yang semakin padat di YIA akan menjadi acuan bagi bandara lain. Kita inginkan semua bandara arahnya ke sana, dengan traffic penumpang dan penerbangan yang padat. Pelayanan dan service yang cepat menjadi kunci,” imbuh Jokowi.

Jokowi menambahkan di bulan Maret semua penerbangan di Bandara Adisutjipto akan dipindahkan ke YIA. Nantinya Bandara Adisutjipto hanya akan melayani pesawat jenis baling-baling atau carteran saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya