Konsorsium Nusantara Infrastructure Akan Bangun Tol Ulujami-Jati Asih

Tol JORR segmen Kalimalang - Cikunir. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • Dokumentasi Jasa marga.

VIVA – PT Nusantara Infrastructure Tbk bersama PT Adhi Karya Tbk, PT Acset Indonusa Tbk, dan PT Triputra Utama Selaras membentuk konsorsium Jakarta Metro Expressway (JMEX) untuk membangun jalan tol Ulujami-Jati Asih. Izin prakarsa untuk pembangunan jalan tol sepanjang 22 kilometer itu diperoleh pada 21 Januari 2020.

Viral Ambulans di NTT Nekat Sebrangi Sungai

Sekretaris Perusahaan Nusantara Infrastructure, Dahlia Evawani, dalam penjelasan tertulis kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, perseroan yang bergerak dalam pembangunan dan percepatan infrastruktur itu akan terus berkontribusi dalam membangun konektivitas di berbagai daerah Indonesia.

"Saat ini, perseroan berpartisipasi dalam mempercepat dan memberikan solusi mengurai kemacetan lalu lintas," kata Dahlia dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman PT Bursa Efek Indonesia, Kamis 6 Februari 2020.

Daftar Lengkap Tarif Tol Kunciran-Serpong

Untuk itu, Menurut Dahlia, Nusantara Infrastructure menginisiasi pembangunan jalan tol di sekitar wilayah Ulujami hingga Jati Asih melalui proyek Jakarta Outer Ring Road Elevated (JORR Elevated). Nilai investasi proyek itu diperkirakan senilai Rp21,5 triliun.

JORR Elevated merupakan jalan tol strategis yang akan menghubungkan wilayah Jati Asih-TMII-Pondok Indah-Ulujami dan diusulkan masuk jaringan JORR III. Pembangunan jalan tol ini untuk mengurangi beban lalu lintas di sepanjang JORR. 

Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong Mulai Berbayar 20 Desember 2019

Selain itu, jalan tol tersebut diharapkan dapat memaksimalkan kapasitas lalu lintas koridor JORR jika diintegrasikan dengan jalan tol Jakarta-Cikampek II (jalan tol layang) dan/atau jalan tol Jakarta-Cikampek II (selatan). Melalui proyek ini pun ditargetkan ada kenaikan cukup signifikan pada pendapatan perseroan.

"Sekaligus meningkatkan nilai aset perseroan sekitar lima kali lipat dari saat ini," tulis penjelasan perseroan itu.

Jalan tol layang MBZ.

Margautama Nusantara Caplok 40 Persen Saham Jalan Tol Layang MBZ

Anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk, Margautama Nusantara resmi membeli 40 persen kepemilikan saham jalan tol MBZ.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2022