Menteri Basuki Beberkan Fasilitas Baru Stadion GBK Mini di Solo

Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVAnews/Dusep Malik

VIVA – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Stadion Manahan Solo usai direnovasi, pada Sabtu malam 15 Februari 2020. Stadion tersebut dilakukan renovasi besar-besaran sejak Agustus 2018 oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

Semangat Membara Jerman Hancurkan Prancis di Final Piala Dunia U-17

Setelah diresmikan, Stadion Manahan Solo dapat menampung jumlah penonton hingga 20.000 orang menggunakan kursi tunggal atau single seat. Stadion inipun digadang siap menjadi venue dari Piala Dunia U-20 pada 2021 nanti.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan untuk renovasi yang dilakukan, pihaknya mengubah bentuk stadion yang dahulu tidak menggunakan atap menjadi seperti stadion mini Gelora Bung Karno.

Timnas Argentina Vs Mali, Tetap Serius demi Posisi 3 Piala Dunia U-17

Selain itu, lanjut Basuki dalam renovasi ini pihaknya telah menggelontorkan dana hingga mencapai Rp301 miliar. Dana itupun juga diperuntukkan perbaikan dari rumput lapangan itu sendiri menjadi standar internasional.

"Fasilitasnya kita renovasi semua, dari bangku seperti GBK single seat, atapnya, lighting-nya, sound sistemnya, dan pemandian air panas di ruang ganti pemain," jelas Basuki, di Stadion Manahan, Solo, Sabtu 15 Februari 2020.

Prancis ke Final Piala Dunia U-17 2023 Usai Kalahkan Mali

Untuk itu, ia mengatakan dari semua renovasi yang sudah dilakukan, Kementerian PUPR berharap Stadion Manahan Solo bisa melaksanakan sejumlah pertandingan dan event-event internasional.  

"Jadi ini (Stadion Manahan) sudah lengkap fasilitasnya seperti GBK mini," ujarnya.

Presiden FIFA Gianni Infantino

Final Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan, Presiden FIFA Bakal Hadir

Presiden FIFA Gianni Infantino akan menyaksikan laga pamungkas atau partai final Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Stadion Manahan

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2023