Cara Pelni Cegah Penyebaran Virus Corona di Atas Kapal

Para penumpang sedang antre turun dari kapal Pelni.
Sumber :
  • Dokumentasi Pelni.

VIVA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni turut berupaya menangkal penyebaran virus Corona. Perusahaan pelat merah ini melaksanakan sosialisasi pencegahan infeksi virus Covid-19 di atas KM Ciremai yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Yahya Kuncoro mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan antisipasi awal yang dilakukan Perseroan sebagai perusahaan pada bidang transportasi laut. Dia mengatakan, pihaknya selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. 

Dia pun menyebut, kapal-kapal penumpang Pelni melewati rute pelayaran yang panjang dan satu trip perjalanan (PP). Perjalanan itu dapat memakan waktu hingga dua minggu. Sehingga pihaknya mulai memberikan edukasi kepada Nakhoda dan ABK dalam melakukan tindakan preventif bagi penumpang.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

"ABK juga mulai melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada para penumpang kapal melalui pengumuman yang diberikan setiap 3 jam sekali. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan guna menjaga kenyamanan dan keamanan selama pelayaran berlangsung," ungkap Yahya dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis 5 Maret 2020.

Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya dilakukan di KM Ciremai saja tetapi juga dilakukan pada seluruh kapal yang dioperasikan PELNI. 

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

"Selain itu manajemen juga melaksanakan sosialisasi di kantor pusat dan cabang. Hal ini tentu untuk menjaga dan mewaspadai kondisi kesehatan di wilayah lingkungan kerja PELNI," jelas Yahya.

Pihaknya juga mengimbau kembali kepada seluruh calon penumpang, sebelum membeli tiket untuk benar-benar memastikan kondisi kesehatan. Serta kepada para penumpang jika dalam perjalanan merasa kurang sehat, harap segera melapor kepada petugas atau langsung datang ke poliklinik kapal.

“Kami siap melayani 24 jam," tambahnya.

Selain memastikan kondisi kesehatan, Perusahaan juga mengimbau kepada penumpang untuk selalu memperhatikan kebersihan kapal. "Kebersihan kapal pun selalu kami jaga selama 24 jam. Kami turut mengimbau bagi para penumpang kapal untuk turut serta menjaga kebersihan kapal selama pelayaran berlangsung agar perjalanan semakin nyaman," tutup Yahya.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 46 trayek kapal perintis yang menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya