Imbas Corona, Satgas Pangan Pantau Harga Kebutuhan Pokok

VIVA – Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyatakan, akan terus memantau kondisi harga bahan pokok di Tanah Air. Upaya itu di tengah menghadapi wabah Corona dan jelang Lebaran. 

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Menurut Sigit, saat ini pihaknya melalui Satgas Pangan Mabes Polri telah memantau terus kondisi harga bahan kebutuhan pokok di pasaran. Ia tak segan akan langsung melakukan sidak jika terjadi kenaikan harga. 

"Jadi manakala terjadi kenaikan dalam kurun waktu tertentu, kita akan turunkan tim untuk langsung sidak," ujar Sigit di PT Food Station Tjipinang Jaya, kompleks Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu, 18 Maret 2020.

Satgas Pangan Blak-Blakan Soal Penyebab Gagal Panen Bawang Merah di Brebes

Nantinya, petugas akan memastikan agar distribusi bisa berjalan dengan lancar dan melihat apakah memang kekurangan stok. Sebab, dikhawatirkan ada permainan dari pedagang untuk meraup keuntungan berlebih di tengah wabah Corona. 

"Jadi (sidak) ini akan kita lakukan terus, apalagi kita sama-sama tahu, kita dihadapkan situasi wabah itu menambah kepanikan masyarakat untuk menyetok," ucapnya.

Satgas Pangan Polri Sidak Gudang Bawang Merah di Brebes, Awasi Penimbunan

Sigit menjelaskan bahwa kebutuhan bahan pokok saat ini di pasaran cukup bagi masyarakat. Namun, karena adanya kepanikan masyarakat sehingga terjadi 'panic buying' dan menyebabkan perlu penambahan stok. 

"Jadi sebenarnya mungkin bahan sembako, bahan baku yang ada kalau dipergunakan dalam kondisi normal itu cukup. Namun, karena ada kepanikan, stok itu akan menambah jumlah yang tadinya biasa akan naik jadi 30-40 persen," katanya.

Karena itu, dia melanjutkan, Satgas Pangan bekerja sama dengan kementerian yang ada, untuk setiap saat siap turun ke lapangan mengantisipasi fluktuasi harga serta memastikan ketersediaan barang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya