Blusukan ke Riau, Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Satgas pangan polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta - Tim Satgas Pangan Polri memastikan harga bahan pokok di sejumlah pasar dan supermarket terutama di wilayah Riau tetap stabil jelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024. Hal itu disampaikan Satgas Pangan Polri usai melakukan pemantauan dan pengecekan stabilisasi pasokan dan harga pangan selama Ramadhan dan jelang Lebaran. 

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Penyidik Madya Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Kombes Didik Sudaryanto mengatakan ada beberapa tempat yang dilakukan pemantauan dan pengawasan Tim Satgas Pangan Polri di Riau terhadap 12 komoditi, seperti beras, telur, daging ayam hingga daging sapi.

“Bahwa sesuai hasil pengecekan bahwa stok 12 komoditi tersebut tergolong aman dan stabil,” ucap Didik dikutip pada Rabu, 27 Maret 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Satgas Pangan Keliling Pasar di Jatim

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Meski terbilang stabil, Didik menyebut Tim Satgas Pangan Polri bersama daerah tetap melakukan berbagai antisipasi untuk menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok penting jelang Lebaran.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

“Antisipasi pihak Satgasda dan K/L terkait untuk menstabilkan harga dan stok bapokting,” ungkapnya.

Dari hasil pengecekan, Didik mengungkap komoditi beras medium di Pasar Tradisional Cikpuan memiliki stok sebesar 2 ton per minggu, dimana beras medium didapatkan dari Bulog Kanwil Riau, Kepri dengan harga Rp10.540/kg dan dijual ke konsumen Rp57.500/5 kg.

Kemudian, komoditi cabai rawit merah di Pasar Tradisional Cikpuan memiliki stok sebesar 30 kg, cabai rawit merah didapatkan dari daerah Sumbar dengan harga Rp72.000/kg, dan dijual Rp75.000/kg.

“Hasil pengecekan cabe merah keriting di Pasar Tradisional Cikpuan, memiliki stok sebesar 50 kg, cabai rawit merah didapatkan dari daerah Sumbar dengan harga Rp42.000/kg, dan dijual Rp45.000/kg,” kata Didik.

Selanjutnya, komoditi telur ayam ras di Pasar Tradisional Cikpuan memiliki stok sebesar kurang lebih 100 papan, telur ayam ras didapatkan dari daerah Sumbar dengan harga Rp48.000/papan hingga Rp50.000/papan dan dijual Rp.52.000/papan hingga Rp54.000/papan.

“Komoditi daging ayam ras di Pasar Tradisional Cikpuan memiliki stok sebesar 50 kg didapatkan dari peternak lokal dengan harga Rp25.000/kg, dan dijual Rp28.000/kg. Lalu, daging sapi memiliki stok kurang lebih 200 kg didapatkan dari perusahaan ternak lokal Rp135.000/kg dan dijual Rp140.000/kg,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya