Cegah Lonjakan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran, AP II Operasikan East Flyover di Bandara Soetta

Execitive General Manager Bandara Soetta, Dwi Ananda Wicaksana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta segera mengoperasikan east flyover yang berada pintu masuk arah timur Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, pengoperasian east flyover itu akan dilakukan jelang musim mudik lebaran 2024. Hal ini sebagai bentuk meningkatkan layanan fasilitas, guna menghindari lonjakan lalu lintas pada saat periode angkutan lebaran.

"Lonjakan lalu lintas memang jadi kekhawatiran. Namun, Alhamduilllah dalam bulan terakhir ini, kami sudah ngebut mempersiapkan atau menyelesaikan aksesibilitas untuk mencegah lonjakan lalu lintas di musim mudik lebaran. Dimana, kita sebutnya east flyover," katanya, Rabu, 27 Maret 2024.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Pergerakan penumpang di Terminal 3, Bandara Soetta

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Jembatan tersebut pun sudah dilakukan proses uji coba dan soft launching pada 20 Maret 2024 lalu. Yang mana, nantinya akam dioperasikan pada 1 April 2024 jelang arus mudik lebaran 2024.

"Kita sudah uji coba, harapan kami dengan nantinya beroperasi di tanggal 1 April 2024, sebelum periode angkutan lebaran, bisa mengurai lonjakan lalu lintas dari dan menuju Bandara Soetta. Dimana kita tahu, 70 persennya pelintas," ujarnya.

Flyover tersebut menghubungkan Perimeter Utara Bandara Soetta dengan pintu masuk dan keluar Bandara sehingga pengendara dari arah Perimeter Utara tak perlu lagi memutar melalui Jalan Perancis dan Jalan Husein Sastranegara.

Sementara itu, untuk pergerakan arus lalu lintas penumpang dan pesawat saat ini, terpantau turun. Namun, diprediksi pergerakkan penumpang akan mulai  mengalami peningkatan beberapa hari jelang periode mudik lebaran 2024 yakni, 3 April 2024.

"Seperti biasa, di awal ramadan, dua minggu sebelum hari raya itu turun, kemarin cukup turun. Namun, per hari ini mulai banyak naik cuma masih di angka normal. Perkiraan kami memang nanti mulai ramai itu menjelang akhir bulan menuju tanggal 3 April 2024 dan puncak arus mudik tanggal 6 April 2 sesuai data pembelian tiket pesawat," ujarnya.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya
Bandara internasional Supadio Pontianak, Kalbar.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan Bandara Supadio Pontianak tidak lagi melayani penerbangan Internasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024