Arab Saudi Puasa Ramadhan Hari Ini, Pakistan dan Brunei Mulai Besok

VIVA – Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi menetapkan awal Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada hari Jumat, 24 April 2020. Keputusan Mahkamah yang disampaikan Kamis malam waktu setempat, berdasarkan laporan pengadilan regional di seluruh penjuru Saudi tentang posisi hilal Ramadhan 1441 H. 

Jokowi Ngaku Belum Ada Pembahasan soal Pembangunan Kereta Cepat Brunei-Malaysia-IKN

Menurut kesaksian petugas yang terverifikasi, serentak menyatakan bahwa Jumat ini merupakan awal Ramadhan 1441 H. Dengan demikian, muslim di Arab Saudi mulai berpuasa Ramadhan hari ini.

Keputusan Mahkamah ini disambut sukacita Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Kerajaan mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan kepada seluruh warganya, dan semua muslim di seluruh dunia.

Bank Sentral Brunei dan Laos Resmi Gabung ke Konektivitas Pembayaran Regional

Selain Arab Saudi, negara-negara Muslim dunia yang berpuasa Ramadhan pada Jumat, 24 April 2020, adalah Mesir, Qatar, Suriah, Kuwait, Uni Emirat Arab, Bahrain, Turki, Palestina, Jordania, Tunisia, Irak Libanon, Indonesia, dan Malaysia.

Meskipun Arab Saudi dan beberapa negara Islam lainnya berpuasa Ramadhan hari ini, tapi ada sebagian yang mulai berpuasa esok hari, Sabtu, 25 April 2020. Seperti Oman yang mengumumkan awal puasa Ramadhan 1441 pada Sabtu besok.

Brunei Propose High-speed Train Line to Indonesia

Keputusan itu setelah Komite Pengamatan Hilal Oman gagal melihat bulan pada Kamis petang waktu setempat. Dengan demikian Oman mengenapkan bulan Sya'ban 30 hari, dengan demikian 1 Ramadhan 1441 hijriyah bertepatan dengan hari Sabtu, 25 April 2020.

Negara-negara Islam lainnya yang juga berpuasa pada Sabtu esok adalah, Brunei Darussalam, Pakistan, Bangladesh, Iran dan Sudan. Negara-negara tersebut juga gagal melihat hilal Ramadhan, dan menggenapkan Sya'ban menjadi 30 hari. 

Ilustrasi pembayaran QRIS.

QRIS Payment Can Be Used in Brunei Darussalam and Laos

Bank Indonesia (BI) has revealed that the Brunei Darussalam Central Bank (BDCB) and the Bank of the Lao PDR (BOL) have officially joined the Regional Payment Connectivity

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024