Kenapa Chairul Tanjung Kuasai Carrefour

Chairul Tanjung, Para Group
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Langkah taipan Chairul Tanjung membeli 40 persen saham PT Carrefour Indonesia mengundang kejutan. Apalagi, nilai akuisisi tergolong besar, yakni Rp 3 triliun.

Dengan langkah tersebut, Trans Corp akan menjadikan kelompok usaha Para Group itu menjadi pemegang saham tunggal terbesar. Sedangkan pemegang saham lainnya adalah Carrefour SA sebesar 39 persen, Carrefour Nederland BV (9,5 persen), dan Onesia BV (11,5 persen).

Lantas, apa tujuan utama dibalik akuisisi perusahaan retail raksasa ini?

"Carrefour bergerak di sektor yang sangat strategis," ujar Ishadi, salah satu eksekutif Grup Para kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 19 April 2010. Menurut dia, Carrefour adalah pemain utama dalam distribusi produk kebutuhan pokok dan konsumsi Indonesia.

"Masak institusi strategis dikuasai asing," kata Ishadi. 

Hal senada diungkapkan oleh Chairul Tanjung akhir pekan lalu. "Saya ingin memastikan bahwa sembako (sembilan bahan pokok) dijual dengan harga terbaik di Carrefour."

Menurut Chairul, akuisisi dapat membangkitkan semangat perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk terus tumbuh menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Melalui kerja sama itu, Trans Corp akan menerapkan kekuatannya dalam inovasi, operasi, dan pengetahuan mengenai pasar lokal untuk bekerja sama dengan Carrefour dalam menyediakan kebutuhan-kebutuhan khas dari konsumen di Indonesia.

Kerja sama itu nantinya juga akan mengombinasikan gerai Carrefour dengan kelompok usaha Para Group dalam bidang pelayanan finansial dan gaya hidup (lifestyle-fashion), makanan dan minuman (food & beverage), dan travel.

"Trans Corp juga mempunyai visi strategis di bidang ritel dan bisnis yang mempunyai sinergi potensial serta signifikan dengan Carrefour," ujar Shafie Shamsuddin, direktur utama Carrefour Indonesia.

Saat ini, Carrefour merupakan retailer terbesar di Indonesia dan mempunyai pengaruh besar terhadap distribusi barang dan komoditas di dalam negeri. Pemasok Carrefour bervariasi mulai dari perusahaan besar, kecil, dan menengah, petani, peternak, kelompok nelayan, dan lain.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024