Ceko Pamerkan Film Perempuan Sineas Indonesia

Poster Festival Film Indonesia 2010 di Praha, Ceko
Sumber :
  • VIVAnews/Dokumentasi KBRI Praha

VIVAnews - Film-film Indonesia kembali mendapat tempat di kalangan sineas Ceko. Ini terbukti saat negara di jantung Eropa itu kembali menyelenggarakan acara tahunan Festival Film Indonesia ke-4 di Ibukota Praha.

Mengusung tema ‘Film Karya Sutradara Perempuan Indonesia’, festival ini mendapat dukungan sejumlah tokoh perfilman Ceko dan tanah air. Nia Dinata dan Nan Achnas akan menghadiri festival film yang mendapat dukungan dari Vera Chytilova, perempuan sutradara senior di Ceko.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha mengungkapkan bahwa FFI tahun ini diselenggarakan pada 8-10 Juni 2010. Bertempat di City Library Hall Praha, publik Ceko bisa menyaksikan film karya Nan Achnas, yaitu ‘Pasir Berbisik’ dan ‘Bendera’, serta karya Nia Dinata seperti ‘Perempuan Punya Cerita’, ‘Biola Tak Berdawai’ dan ‘Arisan.’

Acara FFI ini akan dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri RI, Elias Ginting, bersama Kuasa Usaha KBRI Praha, Azis Nurwahyudi pada Selasa, 8 Juni 2010.

Tokoh-tokoh perfilman Indonesia yang akan hadir adalah Nan Achnas dan Nia Dinata. Sementara itu dari Ceko akan hadir Vera Chytilova, ketua dewan pelindung (patron) FFI ke-4, yang juga salah satu tokoh perfilman Ceko, serta Jiri Menzel, patron FFI ke-3 tahun 2009 dan penerima Oscar untuk film ‘Strictly Guided Train’.

"Nama Nan Achnas sudah dikenal di masyarakat perfilman Ceko karena kemenangannya pada Karlovy Vary International Film Festival tahun 2008 dengan filmnya, The Photograph," kata Nurwahyudi.

Nan Achnas dan Nia Dinata juga diundang oleh Fakutas Film Akademi Seni Ceko pada 9 Juni 2010 untuk diskusi tentang perkembangan perfilman di Indonesia dengan mahasiswa mereka, termasuk para mahasiswa perfilman Universitas Yale, Amerika Serikat yang sedang mengadakan kursus singkat di akademi itu.

FFI merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh KBRI Praha yang dimulai tahun 2007. Tema FFI berturut-turut adalah Panorama Film Indonesia (2007), Film Indonesia Baru (2008), Retrospeksi Film Riri Riza (2009) dan Film Karya Sutradara Perempuan Indonesia (2010).

Tahun ini FFI di Praha didukung oleh Fakultas Film - Akademi Seni Ceko, Idnes, Radio Impuls, Radio Kiss, Radio Jedna, Radio Cesko dan Cezka Televize.

Maskapai Turkish Airlines mendukung acara tersebut dengan memberikan tiket kepada para sutradara dari Indonesia dan penonton yang beruntung untuk berkunjung ke Indonesia dengan perusahaan penerbangan kebanggaan rakyat Turki itu. (mt)

Jabatannya Dicopot, Jangan Kaget Lihat Koleksi Mobil Kepala Bea Cukai Ini
Rosdiana, wali murid korban meninggal kecelakaan SMK Lingga Kencana

Wali Murid Ungkap Perpisahan SMK Lingga Kencana Biasanya Digelar Dekat Sekolah

Wali murid mengungkapkan kalau acara perpisahan sekolah di SMK Lingga Kencana baru tahun ini digelar di luar kota. Tahun-tahun sebelumnya, acara hanya digelar di dekat se

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024