IPO, Pertamina Hulu Energi Incar Dana Rp 10 T

Ilustrasi Tandatangan Kontrak
Sumber :
  • madison.k12.ct.us

VIVAnews - PT Pertamina (Persero) menargetkan perolehan dana tunai sekitar Rp 10 triliun dari pelepasan saham perdana (initial public offering/IPO) anak usahanya, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebesar 20 persen.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina, Ferederick ST Siahaan, mengatakan perseroan membidik IPO bisa teralisasi akhir tahun ini atau awal tahun depan.

"Kami lagi serius untuk IPO Pertamina Hulu Energi. Jika terealisasi, akan menjadi the biggest IPO in Indonesia," ujar dia di Jakarta, Senin 7 Juni 2010.

Dia menjelaskan, dana dari pelepasan saham itu akan digunakan untuk aksi akuisisi di dalam dan luar negeri guna mencapai target produksi satu juta barel per hari (bph) pada 2015. "Guna mencapai ini tidak bisa organik, harus ada akuisisi," kata dia.

Saat ini, produksi minyak mentah dari Pertamina Hulu Energi sebanyak 103.000 barel per hari yang dihasilkan dari blok Onshore Northwest Java, North West Madura, serta aset yang ada di Australia.

Selain PHE, menurut dia, perseroan juga akan melakukan go public anak usaha lainnya, yaitu PT Pertamina Geothermal Energi (PGE) dan PT Pertagas.

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!
Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024