'Tiento', Bola Piala Dunia Pertama

Piala Dunia 1930 : Uruguay Juara Dunia Pertama
Sumber :
  • espn.com

VIVAnews - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dengan bangga merilis Jabulani, bola resmi yang akan dimainkan selama Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, beberapa waktu lalu. Meski mendapat reaksi penolakan dari beberapa tim, bola ini tetap menggelinding di berbagai stadion di Afrika Selatan.

Bola Piala Dunia pertama yang bernama Tiento pun sempat menimbulkan perdebatan pada 1930. Dua tim yang berhasil masuk final, tidak bisa menentukan bola mana yang digunakan dari dua bola yang tersedia dari masing-masing tim.

Akhirnya, diambil keputusan win-win solution. Di babak pertama panitia menggunakan Tiento dari Argentina dan babak kedua dari Uruguay yang juga tuan rumah, seperti dikutip dari laman soccerballworld.

Ternyata penggunaan bola kulit yang disuplai masing-masing tim berpengaruh pada kemenangan kedua negara. Di babak pertama dengan menggunakan bola dari negaranya, Argentina unggul 2-1 dari Uruguay.

Namun, saat bola asal Uruguay dimainkan di babak kedua, Argentina harus mengaku kalah dengan skor 4-2 dari Uruguay.
 
Siapa yang berhasil menyarangkan bola pertama di Piala Dunia pertama? Awalnya, Bart McGhee asal Belgia didaulat sebagai penggol pertama di Piala Dunia 1930. Namun, hal ini kemudian diralat FIFA. Gol pertama kali ternyata disarangkan pemain Perancis, Lucien Laurent.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024