Belanda ke Final, KLM Tambah Penerbangan

Suporter Belanda.
Sumber :
  • AP Photo/Evert Elzinga

VIVAnews - Sekitar 50.000 suporter Belanda larut dalam ledakan kegembiraan ketika Die Oranje memastikan langkahnya ke final Piala Dunia 2010. Tiket ini diperoleh setelah skuad Belanda mengalahkan Uruguay 3-2 dalam laga semifinal dini hari tadi. 

Suasana euforia ini bahkan terasa di bandara-bandara Belanda. Seperti dikutip dari The World Game, sekitar 700 penumpang pesawat yang sedang transit di Bandara Schiphol Amsterdam ikut menyaksikan jalannya pertandingan Belanda-Uruguay yang menegangkan lewat televisi layar raksasa di bandara. 

Hanya selang beberapa menit setelah wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, dan ketika bandara masih tenggelam dalam riuh suasana pesta, pihak bandara menyampaikan pemberitahuan penting.

Maskapai penerbangan Belanda KLM mengumumkan bahwa mereka akan menambah rute penerbangan dari Schipol ke Johannesburg, Afrika Selatan, pada hari Sabtu, tanggal 10 Juli ini (Minggu pagi waktu Afsel). KLM menyiapkan tiga penerbangan ekstra, khusus untuk menyambut final Belanda yang akan berlangsung Senin dini hari mendatang.

Suporter Belanda akan kembali menyaksikan pertandingan final Die Oranje untuk yang ketiga kalinya, setelah terakhir kali Belanda dikalahkan oleh Argentina di babak final Piala Dunia 1978.  Sekitar 11,5 juta rakyat Belanda – dari total 16,5 juta populasi di negeri kincir angin tersebut – diperkirakan akan menonton partai final ini melalui televisi.

Media Belanda melaporkan, tempat-tempat persewaan layar LED raksasa di Belanda telah kehabisan stok saking membludaknya permintaan. Sebelum final saja, sekitar 15.000 perangkat televisi telah habis terjual per minggunya. Angka penjualan ini menembus rekor, dan 40 persen lebih tinggi dari biasanya.

Sepanjang malam tadi, masyarakat Belanda ramai-ramai turun ke jalan merayakan keberhasilan Die Oranje. Jalan-jalan dipenuhi oleh pria, wanita, dan anak-anak yang mengenakan pakaian serba oranye. Mereka meniup terompet dengan berisik, dan meloncat tinggi-tinggi sambil meninju udara kosong.

Bendera-bendera Belanda dikibarkan dan kembang api diluncurkan di Museum Square. Layar raksasa sepanjang 88 meter persegi bahkan dipasang di luar Rijksmuseum yang terkenal, demi mengikuti perkembangan skuad Belanda di Cape Town. Polisi memperkirakan 40.000-50.000 orang berkumpul di Amsterdam Square untuk merayakan momen historis tersebut.

Yayasan jantung Belanda memperingatkan suporter untuk tetap bersikap tenang, karena potensi serangan jantung meningkat 2,5 kali selama fans menonton pertandingan. Kombinasi alkohol dan ketegangan menonton bola pun dapat meningkatkan potensi seseorang untuk sakit, meski tidak selalu berakhir dengan insiden serius. (sj)

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas
Ilustrasi lift.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Ukurannya yang sangat besar, elevator atau lift penumpang terbesar di dunia ini mengandalkan sistem balok katrol inovatif yang terdiri dari 18 katrol besar, 9 kabel baja.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024