BKPM: TDL Naik Dorong Investasi Kelistrikan

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai kenaikan tarif dasar listrik (TDL) rata-rata 10-15 persen dapat direspons oleh sektor manufaktur.

"Kepentingan saya, kenaikan tarif listrik bisa meningkatkan commercial visibility," kata Kepala BKPM, Gita Wirjawan, di Jakarta, Rabu 14 Juli 2010.

Kenaikan tarif dasar listrik tersebut, menurut dia, diperkirakan dapat mendorong investasi di bidang tenaga listrik. Gita menjelaskan, salah satu komponen commercial visibility itu adalah tarif listrik.

Sebelumnya, perhitungan tarif listrik beberapa industri tertentu yang diklaim lebih dari 40 persen dipastikan akan berubah pekan ini. Keputusan baru ini akan dibuat dengan mengubah beberapa struktur biaya listrik untuk pengusaha.
 
Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, Menko Perekonomian Hatta Rajasa sudah meminta masalah beda hitungan pengusaha dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) diselesaikan pekan ini.

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

Struktur baru yang diubah adalah pada jenis-jenis variabel dan beban yang dibayarkan pengusaha kepada PLN. Selama ini pengusaha telah dibebankan daya multiguna dan daya maksimal yang kemudian dihapus. (hs)

Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Menjadi seorang jenderal adalah keinginan utama bagi setiap anggota TNI yang ingin mencapai puncak karier mereka. Nah, ada beberapa jenderal termuda di TNI AD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024