Menkeu Ajukan RUU Pertanggungjawaban APBN

Agus Martowardojo, Dirut Bank Mandiri
Sumber :
  • bankmandiri.co.id

VIVAnews - Siang ini, Menteri Keuangan Agus Martowardojo memberikan laporan atas keterangan pemerintah mengenai Rancangan Undang-Undang tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2009 kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
 
Pengajuan RUU pertanggungjawaban ini sebagaimana diamanatkan dalam paket Undang-Undang Keuangan Negara Nomor 17 Tahun 2003.
 
Agus Martowardojo mengatakan, RUU atas pelaksanaan APBN ini merupakan laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
 
"Kami sampaikan bahwa atas pelaksanaan APBN tahun 2009 berupa LKPP (laporan keuangan pemerintah pusat) telah diperiksa BPK dan berdasarkan hasil pemeriksaan, BPK memberikan opini wajar dengan pengecualian (WDP)," kata Agus dalam sambutannya di Jakarta, Kamis 15 Juli 2010.
 
Opini audit itu, menurut dia, mencerminkan adanya kemajuan yang sangat signifikan atas kualitas LKPP yang sebelumnya sejak 2004 sampai 2008 selalu mendapat opini disclaimer atau BPK tidak menyatakan pendapat (TMP).
 
Pemberian WDP itu, menurut Agus, karena BPK menilai adanya ketidaksesuaian antara klasifikasi anggaran dan realisasi penggunaannya terdapat hasil inventarisasi dan penilaian aset tetap yang belum direkonsiliasi serta belum dibukukan. Selain itu, ada aset tetap yang belum dilakukan inventarisasi dan penilaian.
 
BPK juga menilai bahwa pemerintah belum mencatat kewajiban kepada PT Taspen atas program Tabungan Hari Tua (THT) Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang timbul akibat kenaikan gaji PNS pada 2007, 2008, dan 2009.
 
"Berkenaan dengan hasil pemeriksaan BPK itu, dapat kami sampaikan bahwa pemerintah akan terus melakukan perbaikan dan mengoptimalkan serta penelaahan dan verifikasi terhadap kekurangan yang telah disampaikan BPK," kata Agus.
 
Dalam hal ini pemerintah mengharapkan agar kerja sama yang terjalin dengan baik antara DPR dan pemerintah bisa terus berjalan. (umi)

Kembali Sapa Penggemar di Saranghaeyo Indonesia, Xiumin EXO Akui Kangen Berat ke Fans
Masiroh, TKW asal Jawa Barat pulang setelah dikabarkan meninggal 22 tahun lalu

22 Tahun Dikabarkan Meninggal, Masiroh Kembali dan Ceritakan Kisahnya di Suriah

Seorang TKW bernama Masiroh pulang ke kampung halamannya di desa Pranggong, kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat setelah 22 tahun dikabarkan meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024