Telkomsel Gandeng Ericsson Atur Trafik Data

foto ilustrasi bts
Sumber :

VIVAnews - Pertumbuhan trafik yang meroket memaksa operator untuk membuat prioritas trafik dalam jaringan. Selain itu, operator juga perlu membedakan kecepatan, akses, dan kualitas layanan sesuai dengan yang dibayarkan pelanggan.

Untuk kebutuhan di atas, Telkomsel menggandeng Ericsson untuk menerapkan solusi Dynamic End-to-End Policy Control (kendali kebijakan yang dinamis dan menyeluruh) yang memungkinkan diferensiasi layanan bagi 86 juga pelanggan mereka.

“Sejalan dengan pertumbuhan trafik akibat layanan yang haus kapasitas serta kecepatan unduh yang lebih tinggi, kami harus menyesuaikan diri dengan harapan dan kebutuhan yang berbeda dari tiap pengguna,” kata Sarwoto Atmosutarno, Presiden Direktur Telkomsel, pada keterangannya, 19 Juli 2010.

Dengan solusi barunya, pelanggan Telkomsel akan dapat memilih layanan dengan harga yang paling sesuai dengan kebutuhan masing. Tergantung pada layanan atau aplikasi apa yang mereka gunakan dan berapa banyak mereka bayarkan.

Menggunakan solusi Ericsson, Telkomsel juga akan meningkatkan efisiensi jaringan radio dan transport. Solusi manajemen trafik data dari Ericsson didasarkan pada prinsip penawaran dan permintaan di mana kapasitas yang tersedia dibagi sesuai dengan jenis layanan yang berbeda bagi tiap jenis langganan.

Trafik data diprioritaskan, sehingga pelanggan yang membayar lebih dapat menikmati akses, kecepatan dan kualitas yang terjaga bahkan pada saat jam sibuk, sementara pengguna lain menerima prioritas yang berbeda.

“Kompetisi saat ini semakin intensif, operator harus memastikan bahwa pengguna mendapatkan kualitas layanan yang mereka harapkan dan mereka bersedia bayar,” kata Johan Wibergh, Kepala Unit Bisnis Networks Ericsson, pada kesempatan yang sama.

Wibergh menyebutkan, dengan menyesuaikan paket harga khusus untuk setiap segmen pengguna, Telkomsel akan meningkatkan operasi dan bisnis mereka. “Bahkan kemungkinan besar dapat menarik pelanggan lebih banyak,” ucapnya.

Solusi Dynamic End-to-End yang dihadirkan Ericsson kompatibel dengan standar 3GPP dan memungkinkan migrasi yang lancar ke teknologi mobile generasi berikut yakni LTE. (hs)

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi
Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024