Transfer Dana ke Daerah Baru Rp161,6 Triliun

gedung Departemen Keuangan
Sumber :
  • flickr.com

VIVAnews - Hingga semester I-2010, Kementerian Keuangan mencatat transfer dana ke daerah mencapai Rp161,6 triliun dari alokasi yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2010 sebesar Rp344,6 triliun.

Meski baru 46,9 persen, realisasi itu lebih baik dibanding transfer ke daerah tahun lalu yang hanya 45,2 persen atau Rp134,9 triliun dari alokasi Rp285,1 triliun.
 
Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo mengatakan realisasi hingga semester I-2010 terdiri atas dana bagi hasil (DBH) sebesar Rp29,4 triliun.
 
"Realisasi dana ke daerah ini cukup baik. Untuk dana perimbangan, total Rp153,8 triliun atau 48,9 persen," kata Agus di Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Senin, 26 Juli 2010.

Media Asing Sebut Kebugaran Pemain Guinea Ungguli Indonesia: Mereka Tak Bertanding 3 Bulan

Sedangkan untuk realisasi dana otonomi khusus dan penyesuaian sebesar Rp7,8 triliun.
 
Sementara itu, untuk prognosis semester II-2010 dan perkiraan realisasi transfer ke daerah diperkirakan lebih tinggi dibanding 2009. Hal ini berkaitan dengan penambahan tiga komponen baru pada pos dana penyesuaian.
 
"Dana itu yakni untuk penguatan desentralisasi fiskal dan percepatan pembangunan daerah, dana penguatan infrastruktur, dan prasarana daerah serta untuk dana percepatan pembangunan infrastruktur," kata Agus. (kd)

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat bersama Presiden Jokowi di Bandung

Dijagokan Wali Kota Bekasi, Jokowi Ogah Campuri Urusan Kaesang

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai calon Wali Kota Bekasi. Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi enggan mencampuri urusan putra bungsunya tersebu

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024