5 Cara Jitu untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ilustrasi percaya diri.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA –  Tidak hanya remaja, tetapi orang dewasa dan orang tua juga dapat mengalami rasa tidak percaya diri. Rasa tidak percaya diri dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk pemikiran pada diri sendiri, tekanan dari orang lain atau keluarga, ketidakmampuan untuk mencintai diri sendiri, dan sering merasa tidak mampu atau tidak memiliki apa pun.

5 Ciri-ciri Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik, Haus Akan Pujian

Jika perasaan ini dibiarkan terlalu lama, itu dapat mempengaruhi masa depan Anda dan melukai diri Anda sendiri. Namun, anda tidak perlu khawatir; rasa percaya diri anda dapat diperbaiki dengan latihan. Yuk simak di bawah ini: : 

Ilustrasi percaya diri.

Photo :
  • Pixabay
Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Positif di Dunia

1. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang lain

Kita sering kali fokus pada perkembangan dan kelebihan orang lain lalu membandingkan dengan diri sendiri. Hal itu tidak akan ada ujungnya sehingga membuat kita semakin tidak percaya diri.

Bubarkan Tawuran, 2 Polisi di Padang Malah Ditabrak Ambulans yang Sopirnya Positif Sabu

2. Berusaha untuk Berpikir Positif

Memiliki pola pikir positif dapat meningkatkan rasa percaya diri. Mempunyai pemikiran positif dapat mempengaruhi cara kita dalam bertindak dan merasakan nyaman pada diri sendiri. Namun jika pemikiran kita dipenuhi dengan hal negatif, maka pasti akan terdapat dampak buruk bagi kita.

3. Teman-teman yang Positif

Dikelilingi dengan pertemanan positif dan saling mendukung dapat membuat diri anda menjadi lebih baik dan termotivasi hingga rasa percaya diri meningkat. Jika kita dikelilingi oleh pertemanan buruk dan sering menjatuhkan, hal tersebut membuat anda menjadi merasa kecil hati dan insecure.

4. Lakukan Hal yang Disukai

Kita dapat menghindari pikiran negatif dengan menghabiskan waktu kosong untuk hal-hal yang kita sukai, seperti hobi. Mencari aktivitas baru yang kita sukai juga akan membantu kita belajar keterampilan baru.

Ilustrasi percaya diri

Photo :
  • Pixabay

Ilustrasi percaya diri

Photo :

5. Menghargai Diri

Terimalah apa yang anda miliki serta menghargai apa yang anda miliki. Menghargai, mempercayai, dan menyukai diri sendiri adalah beberapa contoh penghargaan diri. Tidak ada yang lebih penting dari pemikiran dan harga diri kita sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya