Mengapa BI Lempar Wacana Penyederhanaan Uang

Uang
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Wacana Bank Indonesia untuk menyederhanakan nilai mata uang atau redenominasi menimbulkan sejumlah pertanyaan. Hal itu dikarenakan pekerjaan rumah yang harus dilakukan BI masih banyak.

Ekonom Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa bertanya-tanya mengenai rencana BI tersebut. Dia melihat tidak ada urgensi melakukan penyederhanaan nominal dibandingkan dengan memberesi turunnya suku bunga kredit atau intermediasi bank.

Bank Indonesia menampik alasan tersebut dengan mengatakan semua hal penting seperti menurunkan tingkat suku bunga. Namun wacana ini dilemparkan karena harus dibicarakan mulai sekarang. Hal itu disebabkan proses ini membutuhkan waktu hingga 10 tahun.

"Ada yang bertanya mengapa mesti yang dibicarakan redenominasi, mengapa tidak menurunkan tingkat suku bunga? Ini perlu dibicarakan sekarang karena perlu waktu 5-10 tahun," ujar Pjs Gubernur BI Darmin Nasution, di Jakarta, Selasa 3 Agustus 2010.

Deputi Gubernur BI Budi Rochadi menambahkan keputusan redominasi bukan hanya keputusan ekonomi, namun juga keputusan politik. Sesudah BI menyelesaikan kajian, bank sentral akan melaporkan ke Presiden. Sehingga keputusannya tak hanya di BI namun juga presiden dan DPR. "Karena ini harus dilengkapi perundang-undangan di DPR, ini keputusan semua, ekonomi dan politik," tegasnya. (adi)

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024