Dradjad: Redenominasi Agar Rupiah Bergengsi

Ilustrasi nilai tukar rupiah
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Rencana Bank Indonesia (BI) untuk menyederhanakan nilai rupiah atau redenominasi akan membuat mata uang domestik lebih bergengsi. Nominal yang besar mencitrakan mata uang yang tidak stabil.

"Jadi agak kurang bergengsi," kata pengamat ekonomi Dradjad Wibowo dalam pesan singkatnya kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu 4 Agustus 2010.

Redenominasi adalah penyederhanaan penyebutan satuan harga maupun nilai mata uang. Maksudnya, pecahan mata uang disederhanakan tanpa mengurangi nilai dari uang. Nilai mata uang tetap sama meski angka nolnya berkurang. Misalnya, Rp1.000 menjadi Rp1, sedangkan Rp1 juta menjadi Rp1.000.

Dia menjelaskan, nilai nominal rupiah memang sudah terlalu besar. Efeknya terutama pada transaksi yang melibatkan valuta asing. Kuotasi rupiah terhadap dolar AS dan euro bisa sampai 4-5 desimal di belakang koma. "Jadi tidak praktis dan tidak nyaman," tuturnya.

Menurut Dradjad, manfaat penyederhanaan rupiah adalah membuat transaksi lebih praktis, nyaman, dan bergengsi. "Kalau satu dolar AS hanya Rp9, kesannya mata uang itu kuat," ujarnya.

Selain praktis untuk sektor keuangan, industri jasa akan menerima manfaat serupa. Misalnya, penulisan di menu restoran lebih mudah.

Meski demikian, Dradjad menambahkan, manfaat bagi pertumbuhan, pemerataan, dan stabilitas ekonomi tidak banyak. "Malah ada inflasi karena perubahan desimal. Harga Rp5.950 tidak ditulis Rp5,95, tapi Rp6," kata dia.

Dampak lainnya, menurut dia, adalah biaya cetak uang kertas dan koin baru juga mahal. "Redenominasi ini hanya kebutuhan sekunder, bukan primer," tuturnya.

Dia mengatakan, untuk sosialisasinya, lebih mudah apabila mengganti mata uang seperti di Brasil dan Argentina. Masa transisi lebih singkat, tapi perlu mengubah undang-undang.

32 Ambulans Depok Berangkat ke Subang untuk Evakuasi Korban Kecelakaan Bus Pelajar SMK
Bus pariwisata terguling di Ciater, Subang

Korban Tewas Kecelakaan Bus di Subang Jadi 11 Orang, Puluhan Luka Berat

Bus yang membawa rombongan pelajar SMK asal Kota Depok, mengalami kecelakaan tragis dengan kondisi bus terguling dan para penumpang terpental dan bergeletakan di jalan. 

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024